Langsung ke konten utama

Jasa Antar Produk Kuliner Same Day Kian Diminati

Jasa antar di hari yang sama alias same day delivery semakin diminati oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia (Foto: ilustrrasi makanan yang dikemas untuk pesan antar)


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jasa antar di hari yang sama alias same day delivery semakin diminati oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Usaha rintisan logistik Paxel mendapati pesatnya permintaan untuk layanan tersebut.

COO Paxel Zaldy Ilham Masita menyampaikan, jumlah pengiriman same day delivery sepanjang 2019 telah mencapai 1,5 juta. Angka itu tumbuh 650 persen dibanding akhir 2018 yang baru mencapai 200 ribu pengiriman.

Dari total pengiriman same day delivery Paxel, lebih dari 50 persen merupakan pengiriman makanan. Sejak digagas dua tahun lalu sampai saat ini, aplikasi Paxel sudah digunakan oleh lebih dari 600 ribu pengguna.

"Pertumbuhan ini menggambarkan perkembangan UKM Indonesia, terutama UKM makanan yang makin banyak mengandalkan same day delivery. Semakin banyak yang mengirimkan makanan ke luar kota dan melakukan ekspansi bisnis dengan memanfaatkan jaringan Paxel," kata Zaldy.

Semakin banyaknya pelanggan yang percaya pada Paxel juga terlihat selama libur akhir tahun silam. Paxel merangkumnya dalam laporan "Paxel Food Journey 2019" dengan periode penghitungan 25 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020.

Pelanggan alias #TimJajan sangat antusias memesan makanan dengan fitur same day delivery. Menu kudapan atau makanan unggulan di kota tertentu bisa dinikmati pelanggan lintas kota di hari yang sama dengan kualitas masih baik.

CEO Paxel Bryant Christanto menyampaikan, saat ini terdapat 30 merchant kuliner yang sudah bekerja sama dengan Paxel. Jumlah tersebut akan terus ditambah seiring berjalannya waktu supaya produk kuliner bisa dinikmati pelanggan luar kota.

"Target kami tentu setinggi-tingginya. Untuk fase pertama, kami mencermati dulu makanan-makanan terkenal di setiap kota yang orang mau apa saja, top ten dulu biar merata. Kalau sudah tercapai akan dikembangkan lagi di setiap kota," ujar Bryant.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...