Langsung ke konten utama

UKM Perlu Manfaatkan Web-Hosting Agar Dapat Naik Kelas

UKM Perlu Manfaatkan Web-Hosting Agar Dapat Naik Kelas

Bisnis.com, MALANG — Niagahoster, perusahaan penyedia layanan web-hosting yang berkantor di Jl Palagan Tentara Pelajar, Jangkang No. 81, Yogyakarta, menawarkan layanan web-hosting, untuk dapat membantu mengembangkan UKM agar dapat naik kelas.
Brand & Reputation Management Manager Niagahoster, Ayunda Zikrina Putri mengatakan UMKM naik kelas sedang menjadi fokus Pemerintah. Secara khusus Menteri Koperasi dan UMKM. Teten Masduki, menegaskan kembali "Gerakan UMKM Naik Kelas” pada acara UMKM Meetup, yaitu untuk mendorong bisnis lokal dan rumahan meningkatkan daya saing. 
“Selain masalah pemodalan dan pajak, pemasaran dan branding UKM juga menjadi pekerjaan rumah bersama,” katanya di sela-sela Webseries 4.0 di Kota Malang, Sabtu (22/2/2020).
Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, kata dia, UKM lokal perlu didorong untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas branding agar produknya dapat lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. 
Dia meyakinkan, digitalisasi dapat membantu aktivitas branding UKM. Melalui kanal-kanal digital seperti media sosial dan website, UKM dapat memasarkan dan memperkenalkan produk ke target pasar yang lebih terarah. 
“Kota Malang dipilih menjadi tempat acara salah satunya karena iklim pengembangan UKM di Kota Malang yang efektif dan kondusif untuk membahas strategi branding online untuk UKM bersama dengan para pakar dan praktisi,” katanya.
Menurut dia, saat ini banyak pemilik UKM masih salah kaprah berpikir brand hanya tentang nama merek, logo, kemasan, dan warna produk. Padahal segala aktivitas yang mencakup upaya mengenalkan, menjual, atau mempromosikan produk merupakan aktivitas branding. 
“UKM saat ini masih fokus pada menjual produk dengan cepat, namun kurang memerhatikan bagaimana mereknya dikenal dan diingat oleh orang," ungkapnya.
Bagi dia, logo memang menjadi indentitas sebuah merek. Namun tanpa ciri khas dan kedekatan dengan calon pembeli, sebuah merek tidak akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan merek lainnya. 
Agar dekat dengan target pasar, dia menyarankan, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kanal-kanal online yang saat ini sudah ramai pengguna.
“Data terbaru dari We Are Social menyebutkan 93% pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian online (browsing) sebelum membeli produk,” ujarnya. 
Karena itulah, pemilik UKM dapat hadir di media sosial, websitemarketplace agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Karena alasan itulah, pelaku UKM perlu memastikan untuk mengelola kanal-kanal online ini dengan konten yang bermanfaat, kreatif, dan menarik agar dapat menciptakan pengalaman yang berbeda dengan calon pelanggan. 
UKM juga perlu merencanakan strategi online branding. Data dari Lumdpness menyebutkan, jika sebuah merek konsisten hadir di semua platform maka dapat meningkatkan keuntungan sebesar 23%.
Karena itulah, diperlukan strategi yang matang agar kehadiran merek di semua platform ini dapat efektif dan mendorong penjualan. 
Founder dan Owner dan Coklat Ndalem Meika Hazim, dalam kesempatan itu mengemukakan dirinya memulai usaha berawal dari usaha rumahan.
Strateginya agar dapat berkembang, membangun brand yang kuat, namun untuk merealisasikan tidak mudah karena memerlukan keberanian untuk mencoba dan bereksperimen pada hal baru. 
"Di zaman serba online sekarang, kita dapat dengan mudah mencoba strategi pemasaran. Di lnstagram, Facebook, Twitter, mereka punya karakter pengguna yang beda-beda. Makanya, harus dicoba dan direncakan dengan matang,” ungkapnya. 
Terkait UKM di Kota Malang, kata Ayunda, sangat potensial untuk berkembang. Mereka mengandalkan sektor pariwisata dengan mengembangkan produk olahan makanan untuk oleh-oleh. Karena itulah, UKM membangun branding
Kisah sukses membangun UKM dengan membangun branding, dilakukan Meika dengan Coklat Ndalem khas Yogyakarta. Pemilik UKM di Kota Malang dapat merencanakan strategi branding dengan terlebih dahulu melakukan identifikasi pasar dan kompetitor sehingga ditemukan nilai khas atau pembeda suatu merek dengan merek lainnya. 
“Upaya branding dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar untuk menentukan kanal yang tepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan,” ucapnya.
UKM dapat memanfaatkan fitur-fitur di kanal online seperi data analytic, fitur tanya jawab di lnstagram, fitur story di WhatsApp, dan lainnya, juga akan memperlebar kemungkinan merek UKM dijangkau dan dikenali oleh lebih banyak orang. 
“Kami berharap lebih banyak pemilik UKM memulai merencanakan strategi online branding dengan lebih baik setelah menghadiri acara ini. Niagahoster juga berharap agar UKM di Kota Malang dapat naik kelas dan bersaing dengan produk-produk dari bisnis besar dari dalam maupun luar negeri,” katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...