Langsung ke konten utama

Bogasari Ajak Milenial Jadi Wirausaha di Bidang Kuliner

Bogasari ajak milenial jadi wirausaha di bidang kuliner. Foto anak-anak mengikuti kelas memasak Boga Kids, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Perusahaan penggilingan tepung terigu, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari mendorong dan mengajak milenial untuk berwirausaha di bidang kuliner. Cara yang dilakukan adalah dengan memfasilitasi mereka mengikuti pelatihan keterampilan yang dibuat oleh Bogasari Baking Center (BBC).

Manager Small Medium Enterprise (SME) dan BBC Beatrix Soedibyo mengatakan, tiap tahun perusahaan mengadakan pelatihan terhadap 10 hingga 12 ribu wirausaha secara nasional di 15 lokasi BBC yang berbeda. Menurutnya, ditargetkan sebanyak 20 persen peserta pelatihan berkecimpung di dunia wirausaha.

"Mereka diajar teknik dan skill (cara membuat kuliner berbahan tepung terigu). Materi lain diberikan juga agar lengkap seperti keuangan, pengelolaan sumberdaya manusia. Pelatihan yang diberikan paling lama 3 hari," ujarnya, Ahad (16/2) di Bandung.

Saat ini menurutnya merujuk dari tahun 2002, anggota yang memiliki Bogasari Mitra Card (BMC) mencapai 10 ribu orang lebih. Ia mengatakan seluruh wirausaha tersebut yang bergerak dibidang Usaha Kecil Menengah (UKM) berusia 25 hingga 40 tahun.

Katanya, para pelaku UKM yang bermitra dengan Bogasari terus mengembangkan produknya. Salah satu inovasi yang dilakukan dengan cara produk berbahan tepung terigu ditambah produk pertanian lainnya.

"Di Bandung ada Bagelen Ganyong Nana Mi memakai ubi sebagai bahan baku di luar tepung terigu. Di Samarinda ada Roti Durian Panglima, Cake Salak Kilo di Balikpapan, Nut Safir di Lombok yang memakai biji-bijian untuk bahan kue kering dicampur terigu," katanya.

Beatrix mengatakan pihaknya pun mendorong mitra UKM bisa memperoleh sertifikasi halal dari pemerintah. Salah satu cara yang dilakukan dengan cara memfasilitasi para wirausaha untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Selain itu, untuk mengapresiasi UKM yang menjadi mitra BMC, maka pihaknya menggelar Gelegar Hadiah BMC tahap 2 yang diselenggarakan di Bandung. Menurutnya, penghargaan diberikan kepada UKM seperti 5 paket umrah, 5 sepeda motor, 60 smartphone, 80 handmixer dan 150 kupon belanja senilai Rp 30 juta.

Pihaknya pun, ia mengatakan Bogasari menganugerahkan penghargaan SME Award kepada mitra UKM. Terdapat 15 nominator yang berada dalam tiga kategori Platinum, Gold dan Silver sesuai jenis keanggotaan BMC berdasarkan konsumsi terigu Bogasari.

Ia menambahkan, 60 persen produksi tepung terigu Bogasari terserap oleh pelaku UKM sedangkan 40 persen untuk industri besar. Menurutnya, para pelaku UKM mempunyai cara tersendiri untuk menggaet pasar salah satunya dengan terus berinovasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...