Langsung ke konten utama

Transformasi ke Digital, BNI Syariah Sasar Nasabah Milenial

Transformasi ke Digital, BNI Syariah Sasar Nasabah Milenial

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- PT Bank BNI Syariah saat ini berupaya menyeimbangkan layanan manual dan digital.
Pemimpin Divisi Jaringan dan Layanan BNI SyariahAdjat Djatnika Basarah mengatakan, kedua layanan ini mempunyai segmen masing-masing.
Dimana, layanan manual untuk nasabah-nasabah yang memang terbiasa dengan bertransaksi langsung melalui teller dan custumer service.
Sedangkan, layanan berbasis digital untuk menyasar nasabah milenial. Yang mana saat ini transaksi via online tengah digandrungi.
BNI Syariah mempermudah akses bagi masyarakat yang ingin membuka rekening dengan mengakses bro.bnisyariah.co.id.
Di website ini, calon nasabah dapat menentukan sendiri jenis tabungan yang akan dipilih, dimanapun dan kapanpun melalui mobile phone sehingga waktu efisien.
Adapun produk dana dan pembiayaan serta layanan digital yang tergabung dalam Hasanah Digiverse (semesta kebaikan berbasis digital).
Layanan digital tersebut, antara lain, Cash Management, E-Banking (SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking), Tapcash, VCN (Virtual Card Number), Hasanah Online, dan Wakaf Hasanah.
"Jika biasanya buka tabungan baru membutuhkan waktu 25 menit, maka dengan layanan digital kini bisa 5 menit saja karena nasabah sendiri yang mendaftarkan identitasnya lewat smartphone," ujar Adjat Djatnika Basarah, Senin (24/2/2020).
Untuk itu, BNI Syariah menyeimbangkan keduanya untuk mempertahankan nasabah lama dan menggaet nasabah milenial.

Di sisi lain, menurut Adjat bentuk transformasi yang dilakukan BNI Syariah ialah mengubah outlet mikro menjadi reguler.
"Dengan begitu layanan kita jangkauannya lebih luas, baik dari sisi funding ataupun finance," tuturnya.
Sementara itu, Branch Manager BNI Syariah Cabang Veteran Makassar, Burhan menambahkan, bertransformasi ke digital dilakukan untuk mengikuti tren.

"Saat ini BNI Syariah KC Veteran Makassar sudah transformasi dari mikro ke reguler. Peluangnya semakin besar," katanya.

Terkait inovasi ke depannya, Burhan dan timnya akan mencari peluang bisnis di luar segmen mikro yang selama ini digeluti.
"Melihat potensi yang ada, seiring dengan kecanggihan teknologi target nasabah hingga akhir. 2020 ialah tumbuh 20-30 persen," ujarnya.
Ia optimis akan tumbuh positif di tahun ini, melihat potensi lima Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang berada di bawah naungannya, antara lain, KCP Tamalanrea, Maros, Pangkep, Takalar dan Bulukumba.
"BNI Syariah KC Veteran Makassar telah menghimpun DPK senilai Rp 156,04 miliar, dan menyalurkan pembiayaan senilai Rp 105,50 miliar, ini data Desember 2019. Untuk tahun kita harapkan meningkat," tutupnya.
Sekedar informasi, pada peresmian relokasi kantor baru ini, BNI Syariah menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Universitas UIN Alauddin terkait dengan kerja sama produk dana.
PT Autorindo Adhibrata Resources, Benteng Kupa Group, dan PT Sumber Sejahtera Bakti terkait dengan kerja sama produk pembiayaan BNI Griya iB Hasanah.

Serta, Pengadilan Agama Kelas 1A Makassar mengenai pengelolaan dana dan pembiayaan.
Sebagai wujud value proposition Hasanah Banking Partner, BNI Syariah juga bekerja sama dengan Yayasan Hasanah Titik memberikan bantuan sosial kepada Panti Asuhan Muslim Pancasila. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...