Langsung ke konten utama

Dukung UKM, Sarinah Jual 70 Persen Produk Lokal

 Sarinah Dept Store. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Sarinah terus berkomitmen menjadi etalase produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Saat ini hampir 70 persen produk yang dijual oleh perseroan, merupakan produk UKM.

"Tentu akan kita kami tingkatkan (komposisi) produk UKM di Sarinah. Saat ini sekitar 30 persen masih produk non-UKM yang dijual di Sarinah," ujar Direktur Utama PT Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa usai bertemu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Kantor Kementerian Koperasi (Kemenkop) UKM, Jakarta, pada Senin, (10/2).

Putu mengatakan, berbagai produk UKM di Sarinah telah melalui kurasi dari SMESCO, Rumah Kreasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta dari berbagai Pemerintah Daerah. Ia menargetkan secara bertahap seluruh Sarinah akan menjadi etalase produk UKM.

Nilai total penjualan produk UKM di Sarinah, lanjutnya, hampir Rp 400 miliar dalam setahun, sementara margin atau keuntungannya sekitar Rp 80 miliar. "Tentu ini suatu jumlah yang kecil kalau ngomong UKM secara keseluruhan, apalagi ngomong GDP Indonesia, tapi itulah upaya kita coba terus tingkatkan kontribusi Sarinah agar bisa jadi etalase produk Indonesia," ujar Putu.

Menurutnya, jika Kemenkop UKM mendukung upaya tersebut, maka pencapaian ke depannya bisa lebih besar. "Tadi ada inisiasi dari Bu Vicky (Kemenkop), kita akan masuk ke LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), tentu dengan ini ada satu jalur lagi untuk pasarkan produk-produk UKM dan buka pasar baru lewat LKPP," tuturnya.

Demi mendukung perkembangan Sarinah sebagai rumah bagi UKM, Putu mengatakan, Sarinah akan diubah total. Hanya saja secara bertahap, dimulai tahun ini.

"Sarinah sejarahnya didirikan oleh Presiden Soekarno untuk menjadi etalase produk dalam negeri. Gedung pusat perbelanjaan Sarinah yang terletak di Thamrin memang historinya itu department store pertama kita, sekarang kita wujudkan bagaimana Sarinah menjadi tuan rumah produk UKM, Sarinah akan total berubah wajah," tegasnya.

Ia menyatakan, Sarinah akan membawa UKM go global. Apalagi saat ini, perseroan juga sudah mengekspor produk fashion dan furniture dengan merek Sarinah.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit mengatakan, pemerintah berharap agar Sarinah mampu membawa tren produk UKM di Tanah Air. Pemerintah akan mendukung supaya beragam produk UKM yang masuk ke Sarinah benar-benar produksi unggulan.
sumber: https://www.republika.co.id/berita/q5h9ko383/dukung-ukm-sarinah-jual-70-persen-produk-lokal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...