Langsung ke konten utama

Promosi Tepat hingga Siap Tampung Kritik! 7 Tips Jitu Bikin UKM Sukses Kelola Bisnis Kedai Kopi

Image

AKURAT.CO, Meski konsumsi masyarakat Indonesia pada tahun 2018 lalu relatif masih kecil dengan hanya 1 kilogram per orangnya dari beberapa negara lainnya seperti Vietnam dengan 1,5 kilogram per orang atau Brasil dengan 6,5 per orangnya, konsumsi domestik kopi tiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Tahun ini diperkirakan akan naik sekitar 13,9 persen dari tahun lalu dengan total mencapai 294 ribu ton.

Dengan fakta tersebut tak heran jika semakin banyak Kedai Kopi atau Coffeeshop yang mulai bermunculan. Bahkan, ada beberapa UKM yang mencoba mengelola bisnis kedai kopinya sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan beberapa tips jitu untuk mengelola Kedai Kopi UKM.

1. Inovatif
Pexels


Produk yang inovatif selalu menjadi magnet tersendiri bagi para konsumen. Belakangan ini kopi susu menjadi salah satu sajian yang paling diburu oleh konsumen padahal sebelumnya produk tersebut tidak memiliki jumlah konsumen seperti sekarang.

2. Siap tampung kritik
Pexels


Salah satu cara untuk menyuburkan inovasi adalah dengan memiliki banyak saran atau kritik. Kedai Kopi yang juga lebih sering mendengarkan berbagai saran dan kritik dari konsumennya cenderung dapat bertahan lebih lama. Apalagi sekarang bentuk feedback atau saran-kritik bisa dilakukan secara online.

3. Harga kompetitif
Baca Juga:
Pexels


Harga juga sangat menentukan dalam mengelola sebuah Kedai Kopi. Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi, tak heran jika konsumen semakin pandai dalam menilai sebuah produk. Harga adalah salah satu faktor penilaian dari konsumen. Jika memberikan harga yang terlalu rendah maka konsumen juga akan meragukan kualitasnya. Namun jika terlalu tinggi, konsumen juga akan kabur.

4. Tempat nyaman
Pexels


Setiap Kedai Kopi memiliki manfaat tersendiri. Ada Kedai Kopi yang memiliki ukuran kecil karena memang diperuntukkan bagi orang-orang berkesibukan tinggi dengan membawa pulang kopinya. Ada pula kedai kopinya luas karena memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin berkumpul dengan berbagai orang. Namun, apa pun manfaat atau tujuan dari pemilik Kedai Kopi tersebut, menyediakan tempat yang nyaman adalah faktor penting.

5. Lokasi strategis
Pexels


Seiring dengan tujuan pendirian Kedai Kopi di atas, selain tempat, lokasi juga perlu diperhatikan. Lokasi yang mudah dijangkau sangat dianjurkan ketika membuat Kedai Kopi hanya untuk mereka yang sibuk. Berbeda dengan Kedai Kopi yang khusus untuk mereka yang ingin bekerja atau belajar, lokasi yang paling strategis adalah yang jauh dari keramaian.

6. Promosi tepat
Pexels


Bentuk promosi juga menjadi kunci untuk terus mengembangkan Kedai Kopi. Meski kini sudah ada berbagai platform online, melakukan bentuk promosi secara offline masih tetap relevan dan memberikan pengaruh signifikan.

7. Berkolaborasi
Pexels



Kolaborasi adalah salah satu bentuk pengembangan Kedai Kopi yang dapat memberikan manfaat besar. Tak hanya mampu menjangkau target pasar baru, namun juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, kolaborasi dengan platform ride hailing bisa menjadi salah satu cara terbaru yang harus segera dilakukan oleh berbagai Kedai Kopi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...