Langsung ke konten utama

Ini Empat Pendorong Utama Tumbuhnya Bisnis Iklan Digital



Country Head Xapads Media, Edo Fernando, mengatakan, periklanan digital yang lebih terukur atau measurable mulai lebih digemari pelaku bisnis daripada periklanan konvensional atau non-digital.

Pasalnya, adopsi merek melalui media pemasaran secara terukur dinilai memiliki dampak yang besar dengan return on ad spend atau ROAS yang positif. Bahkan, pendapatan iklan digital diprediksi akan mendekati bahkan melampaui media tradisional (non-digital) seperti televisi, media iklan luar ruangan (OOH), koran, dan radio.

Country Head Xapads Media, Edo Fernando, mengatakan, periklanan digital yang lebih terukur atau measurable mulai lebih digemari pelaku bisnis daripada periklanan konvensional atau non-digital.

Pasalnya, adopsi merek melalui media pemasaran secara terukur dinilai memiliki dampak yang besar dengan return on ad spend atau ROAS yang positif. Bahkan, pendapatan iklan digital diprediksi akan mendekati bahkan melampaui media tradisional (non-digital) seperti televisi, media iklan luar ruangan (OOH), koran, dan radio.

"Angka tersebut menunjukkan, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat tinggi untuk dapat dipengaruhi oleh iklan digital, di era digitalisasi ini," kata Edo Fernando, di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Edo menjelaskan, beberapa faktor utama yang mendorong peralihan ini adalah pertama, internet of things atau IoT yang menggabungkan mesin digital, mekanis, serta pemrosesan untuk menjalankan berbagai fungsi melalui komunikasi yang terhubung dengan internet.

Kedua, cloud computing, teknologi yang menggunakan internet sebagai sarana pengelolaan data serta aplikasi. Ketiga, Big data, kumpulan data yang sangat besar dan membutuhkan pengelolaan yang baik dan benar untuk mempermudah pengambilan keputusan di organisasi atau perusahaan secara bijak. "Keempat, artificial intelligence atau AI, teknologi mesin atau komputer yang memiliki tingkat kecerdasan sama seperti manusia," jelasnya.

Menurut Edo, kemajuan teknologi menjadi faktor utama kesuksesan industri iklan digital di Indonesia di tahun mendatang. Adapun beberapa faktor yang dapat mendorong perkembangan dunia digital, mulai dari bonus demografi penduduk, perkembangan platform digital, hingga adopsinya ekosistem teknologi data center dan cloud computing.

"Indonesia memiliki jumlah konsumen digital terbanyak se-Asia Tenggara. Ini adalah sebuah channel marketing yang sangat menjanjikan untuk mengembangkan bisnis," imbuhnya.

Edo menambahkan, strategi digital marketing memiliki sifat adaptif, artinya selalu berubah sesuai dengan keadaan atau kondisi pasar, sehingga perlu pengetahuan lebih jika ingin meraih kesuksesan yang maksimal.

"Di dunia serba hybrid saat ini, orang-orang hidup secara offline dan online. Penting untuk memahami pengaruh iklan digital pada penjualan secara offline ataupun sebaliknya. Lebih dari itu, penting juga untuk mengidentifikasi dan menargetkan pengguna yang sama di kedua saluran tersebut, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meraih ROAS yang lebih tinggi," pungkasnya.


Sumber: https://www.beritasatu.com/ekonomi/1027846/ini-empat-pendorong-utama-tumbuhnya-bisnis-iklan-digital

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Ini tren yang akan terjadi di pengembang aplikasi

JAKARTA (IndoTelko) – Outsystem penyedia platform Low Code mengumumkan 5 Tren yang diprediksi akan muncul pada kalangan Pengembang Aplikasi di Asia Pasifik. Sebuah infobrief dari IDC mengatakan pada tahun 2024, generasi baru dari para pengembang yang membuat aplikasi-aplikasi tanpa menulis kode/Low Code akan mencapai 20% dari semua pengembang di kawasan Asia-Pasifik. Para pengembang ini akan mengakselerasi transformasi digital di semua lini industri - dengan menyoroti disrupsi pasar dan inovasi tiada henti. “Low-code memberikan para pengembang ini potensi untuk menjembatani kubu-kubu, memangkas proses dan memungkinkan tim untuk bekerjasama dan fokus pada inti upaya transformasi serta meningkatkan pengalaman pengguna,” kata Vice President Outsystems Asia Pasifik Mark Weaser. Mark juga menambahkan, bahwa aplikasi-aplikasi kini menjadi sangat penting bagi para konsumen. Aplikasi telah secara fundamental merubah cara orang-orang mengorganisasi dan memaksimalkan kegiatan rutin seh...