Langsung ke konten utama

Sukses Investasi dan Kolaborasi Bermitra UMKM



 Modal usaha menjadi masalah utama dalam mengembangkan usaha. Pemerintah memang melalui program KUR banyak memberi kemudahan bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya. Namun di era sekarang menggagas kolaborasi menarik untuk di lirik. Investasi bagi yang memiliki cuan tapi tidak ingin menggagas usaha sendiri sehingga bermitra dengan bisnis lain. Kita bisa melihat berbagai usaha yang berkumpul dengan berbagai usaha sehingga pembeli tinggal memilih apa yang di suka. Meniru model kolaborasi tersebut para penjual kecil dapat melakukan kerja sama sesama penjual. Lokasi penjualan yang strategis atau dapat menambah item jualan yang lebih bervariasi. Bagaimana investasi atau kolaborasi menjadi sukses dan tidak menjadi mimpi buruk karena uang dan usaha sudah tertanam, namun untung tak kunjung bergabung?

Mitra strategis sebenarnya adalah hal umum dan signifikan di banyak industri sebagai cara untuk meng-upgrade kemampuan yang dibutuhkan, mendapatkan pengetahuan dan mencari keunggulan kompetitif. Pemilihan mitra aliansi strategis merupakan aspek penting dari pengembangan usaha yang sukses. Upaya pemilihan seleksi mitra awal agar kemitraan menjadi efektif dan bergerak mendulang kesuksesan.

Sebelum melakukan kolaborasi bekerja sama dengan mitra maka yang pertama perlu di rumuskan adalah bagaimana melihat lingkungan yang berpengaruh baik tren ekonomi, teknologi, dan tren utama lainnya. Apakah usaha yang sedang digeluti menjadi usaha yang menarik dan memiliki nilai jual untuk dikembangkan lebih lanjut. Perubahan lingkungan saat ini begitu dinamis bisnis yang dulu menjadi tren dengan cepat berubah tidak menjanjikan. Sejenak melihat rintisan star up yang booming secepat itu pula kita melihat perusahaan rintisan tersebut mem PHK banyak karyawan penanda kurang sehatnya perusahaan. Sehingga membaca lingkungan tren ekonomi, teknologi, dan tren utama lainnya menjadi sangat penting. Sebentar lagi puasa dan Idul Fitri ada banyak tren ekonomi yang mampu di gagas pada lingkungan tersebut mulai bisnis makanan hingga bisnis fashion busana muslim yang dapat dikembangkan melalui kolaborasi bisnis.

Kedua, menilai kembali tujuan perusahaan dalam berkolaborasi hasil yang diinginkan dalam mendukung strategi perusahaan. Apa saja tujuan usaha dalam berkolaborasi dengan menetapkan secara pasti apa yang di inginkan dalam melakukan kolaborasi. Ketiga adalah menentukan kriteria yang di inginkan dalam berkolaborasi.

Setelah sudah memiliki keyakinan dalam investasi atau berkolaborasi dengan mitra maka pemilihan di dasar pada: 1. Rekam jejak reputasi mitra, ini adalah hal penting karena menjalin kerja sama mitra merupakan menyatukan hubungan yang disepakati. Rekam jejak yang baik dari mitra mulai dari cara bekerja sama, loyalitas, kejujuran dan profesionalitas mitra menjadi hal penting untuk di telisik. Biasanya mitra yang ingin bekerja sama di awal selalu memberikan hal-hal manis dan berbagai janji keuntungan sehingga penilaian tidak bisa dilihat pada saat mulai membangun kerja sama. Agar aliansi ini tidak berubah menjadi mimpi buruk maka menelisik rekam jejak mitra dari berbagai sumber harus dilakukan.

Mencari kesamaan budaya organisasi mitra potensial dengan perusahaan. Setiap organisasi memiliki budaya unik masing-masing, sehingga menilai kesamaan budaya organisasi juga menentukan kecocokan dalam berkolaborasi. Tidak bisa dipungkiri pada saat perusahaan kita yang dirintis dengan budaya kerja kekeluargaan, ikhlas, takwa dan mengedepankan loyalitas sebagai ibadah mencari nafkah sangat berbeda dengan perusahaan yang mengedepankan profit oriented tanpa peduli nilai sosial. Penilaian kesamaan budaya organisasi mitra menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan kolaborasi.

menyamakan kepentingan yang ingin diraih, 4. Menetapkan secara detail kontrak kerja sama terkait sejauh mana perusahaan mitra potensial berkeinginan baik dan mampu bekerja sama dengan kita untuk: mengembangkan, mengomunikasikan, dan memperkuat tujuan dan nilai bersama menentukan seperti apa kesuksesan itu–pada interval yang tepat oleh mendukung pengembangan bersama aturan perilaku dan norma perilaku antara para pihak. Berkomitmen pada dukungan pemasaran bersama formal, penumpukan margin, target ROI, atau aktivitas bersama lainnya. Mengatasi batasan atau hambatan apa pun, bertindak untuk mendukung kepentingan operasional dan mengatur ulang harapan bila diperlukan. Memfasilitasi apresiasi masing-masing pihak terhadap situasi operasional dan budaya pihak lain. menempatkan struktur untuk mengatasi perbedaan administratif dan kontrak.

Beberapa risiko berkolaborasi menurut Jeffrey L. Cummings dan Stevan R. Holmberg adalah 1) Sasaran kinerja awal, aliansi yang optimis dan tidak realistis berdasarkan sasaran dan metrik kinerja yang diturunkan secara faktual dan politis. 2) pendapatan yang belum direalisasi dan/atau kinerja laba yang belum diwujudkan, 3) penghematan biaya yang belum direalisasi, 4) kurangnya pemahaman tentang bisnis masing-masing, 5) Politik perusahaan, 6) waktu dan biaya tak terduga yang signifikan dari peningkatan koordinasi, 7) komunikasi internal dan lintas aliansi yang buruk, 8. perubahan tak terduga dalam strategi perusahaan, 9) Pembagian laba dan pengetahuan yang tidak merata antar perusahaan, 10) berbagi pengetahuan kepemilikan yang tidak diinginkan tentang keterampilan inti perusahaan.

Menghindari risiko tersebut maka kolaborasi ditetapkan pada bidang-bidang yang yakin bisa dikerjasamakan. Jangan memaksakan kerja sama karena perasaan tidak enak sudah telanjur kenal atau perasaan terpaksa lain. Karena bermitra yang tidak sehat bukan hanya kehilangan bisnis usaha melainkan juga akan kehilangan mitra. Maka menetapkan kolaborasi sesuai prinsip-prinsip yang diyakini atau visi misi perusahaan yang digagas adalah penting.

Kesulitan lainnya adalah bagaimana mencari mitra yang disesuaikan, yang pertama adalah dari keluarga, teman, dan sahabat yang telah kita ketahui latar belakangnya. Membantu keluarga, teman dan sahabat tentunya secara profesional menekankan manajemen strategi yang bagus agar sukses bersama dapat dilakukan. Kedua, dapat dicari pada komunitas yang layak, sehat dan sesuai dengan tujuan. Komunitas-komunitas sebagai tempat berkumpul sesuai dengan budaya individu dan masyarakat. Dari komunitas ini rekam jejak juga mudah ditemukan.


Sumber: https://radarjember.jawapos.com/opini/22/02/2023/sukses-investasi-dan-kolaborasi-bermitra-umkm/2/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...