Langsung ke konten utama

Literasi Digital untuk Menangkal Hoax hingga Cyberbullying



 Laporan terbaru We Are Social and Meltwater berjudul 'Digital 2023', jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sudah mencapai 212,9 juta per Januari 2023. Angka tersebut naik sekitar 5 persen atau 10 juta pengguna dari tahun sebelumnya. 

Masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu dengan berinternet daripada menonton TV, berdasarkan survei itu.

Terbukti bahwa berdasarkan data, rata-rata pengguna internet Indonesia mengakses internet selama 7 jam 42 menit per hari, sedangkan waktu yang dihabiskan untuk menonton TV hanya 2 jam 53 menit per hari. 

Teknologi dan akses internet juga sangat penting untuk perekonomian Indonesia saat ini. Melihat fenomena itu maka transformasi digital merupakan sebuah keharusan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan bahwa penyiapan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang andal, produktif, dan berdaya saing menjadi kunci utama terlaksananya transformasi digital. 

"Kami terus konsisten menjalankan program literasi digital untuk memaksimalkan potensi ruang digital sekaligus meminimalkan dampak negatif yaag ditimbulkan oleh internet seperti hoax, perundungan online (cyberbullying), kekerasan seksual, dan kejahatan siber lainnya," katanya, melalui keterangan resmi, Rabu, 22 Februari 2023.

Berdasarkan laporan hasil pengukuran indeks literasi digital Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC) pada 2022, tingkat literasi digital Indonesia berada di 3,54 poin dari skala 1-5. 

Ini artinya masuk kategori 'sedang' dengan pengukuran Kerangka Indeks Literasi Digital menggunakan empat pilar. Keempatnya yaitu Kecakapan Digital (Digital Skill), Etika Digital (Digital Ethics), Keamanan Digital (Digital Safety), dan Budaya Digital (Digital Culture).

Pilar Budaya Digital (3,84) memiliki skor tertinggi, diikuti Etika Digital (3,68), Kecakapan Digital (3,52), serta Keamanan Digital (3,12). 

Lalu, tingkat penetrasi internet di Indonesia juga semakin tinggi atau 77,02 persen pada 2022. Hal tersebut perlu diimbangi dengan kekuatan pondasi karakter pengguna digital yang kokoh.

Sementara itu, Regional Project Director Literasi Digital Maluku Utara dan Papua, Thamrin Ali Ibrahim, memaparkan bahwa kampanye makin cakap digital bagi kalangan generasi muda menjadi penting untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang maju dalam rangka Indonesia Emas 2024. 

Yaitu, SDM yang mumpuni, unggul dan beretika, bermoral dan menguasai berbagai bidang keilmuan sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

"Jadi, literasi yang dimaksud bukan sekadar tentang membaca atau menulis semata melainkan memahami seluk-beluk substansi bacaan atau sebuah tulisan secara utuh," ungkap dia. 

Hal ini diperlukan kecakapan khusus yang pada akhirnya akan mampuh memiliki kompetensi dan spesifikasi berdasarkan minat dan bakat masing-masing dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang tersedia saat ini secara bijak, kreatif, dan inovatif bagi pengembangan potensi akademik dan kompetensi teknis setiap diri individu.

Pernyataan Menkominfo Johnny G Plate dan Thamrin Ali Ibrahim ini bagian dari talkshow makin cakap digital bertajuk 'Menjadi Pengguna Media Sosial yang Bijak, Kreatif dan Inovatif' di Ajang Prestasi dan Kreativitas Relawan Muda (Apkremu-V) di Ternate, Maluku Utara, Sabtu, 18 Februari 2023. 

Surya Ardhy, selaku Ketua Pelaksana Apkremu-V menambahkan pentingnya kampanye makin cakap digital kepada generasi muda. "Kami ingin menciptakan karakter para relawan muda yang berani, mandiri, dan cerdik dalam bergaul serta mudah bersosialisasi. Mereka juga dibekali pemahaman tentang empat pilar literasi digital," tuturnya.


Sumber: https://www.viva.co.id/digital/digilife/1577407-literasi-digital-untuk-menangkal-hoax-hingga-cyberbullying?page=3


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...