Langsung ke konten utama

Menparekraf fokus tingkatkan usaha pelaku UMKM dan ciptakan lapangan kerja

 


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan saat ini fokus berjuang untuk masyarakat memastikan solusi yang dibutuhkan di tengah ekonomi yang saat ini mulai menggeliat tapi masih menghadirkan banyak tantangan.


"UMKM kita ini butuh bantuan dalam rangka meningkatkan usahanya dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. Oleh karena itu, mengenai hal di luar kewenangan saya (mengenai politik) saya serahkan kepada tokoh-tokoh parpol," kata Menteri Sandiaga Uno usai Dialog Interaktif dengan pelaku UMKM di Wisata Kampung Kerapu Situbondo, Jawa Timur, 

Menurut dia, dalam dialog interaktif yang bertajuk "Strategi Peningkatan Ekonomi Kreatif UMKM Situbondo" juga menerima keluhan-keluhan mengenai pemasaran produk UMKM.

Dari keluhan itu, kata Sandiaga, langsung memberikan solusi mengenai produk ekonomi kreatif di Situbondo, berkaitan dengan kerajinan tangan.

"Tadi ada keluhan yang langsung kami eksekusi. Mengenai produk ekonomi kreatif yang dikembangkan di Situbondo, kami melihat peluangnya sangat besar dalam penciptaan target ekspor 26,5 miliar dolar AS, dan juga target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024," ujar dia.

Menteri Sandiaga Uno juga menjawab mengenai pelaku UMKM yang kesulitan mendapatkan label halal dan berkoordinasi langsung dengan Wakil Bupati Situbondo, Nyai Khoirani yang juga hadir dalam dialog interaktif tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan Wakil Bupati Situbondo, di mana sertifikasi halal itu akan difasilitasi dan gratis bagi pelaku UMKM. Tentunya ini kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah," ujarnya.

mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut menambahkan produk UMKM di Situbondo baik kerajinan tangan dan ekonomi kreatif lainnya sudah bagus dan hanya tinggal pengemasan yang perlu dibenahi.

Dia juga menyebutkan bahwa Situbondo memiliki potensi wisata yang harus terus dikembangkan guna mengangkat perekonomian masyarakat, utamanya bagi pelaku UMKM.

"Situbondo ini punya garis pantai yang panjang dan ini sangat berpotensi sekali meningkatkan maupun mengembangkan ekonomi kreatif," kata dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...