Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa Piala Dunia 2022 membuat orang ramai-ramai beralih dari TV Analog ke TV digital. Hal ini terlihat dari data Nielsen.
Peralihan dari TV analog ke TV digital alias Analog Switch Off (ASO) dimulai di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 3 November 2022. Sebelum pelaksanaan ini, Nielsen mencatat bahwa 58 juta keluarga belum memiliki TV digital.
Kini, lebih dari 45 juta memiliki TV digital. “TVR (TV rating) sebelum ASO 10,6. Saat final Piala Dunia 2022 12,2, dan sekarang TVR 10,5,” kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Geryantika Kurnia kepada wartawan melalui pesan singkat,
Jumlah penonton sebelum migrasi dari TV analog ke TV digital sekitar 6,2 juta. Saat final Piala Dunia 2022, 5,5 juta keluarga menonton televisi meski harus beralih ke TV digital. “Komposisi urutan rating TV pada saat ini sudah relatif kembali normal,” katanya.Namun, pemerintah masih mempertimbangkan pendistribusian set top box bagi warga miskin. “Tersisa kurang lebih sekitar 4 juta set top box dari swasta yang belum didistribusikan kepada masyarakat miskin,” kata dia.
Komentar
Posting Komentar