Langsung ke konten utama

Platform B2B Digital Makin Diminati Pelaku UMKM



 Saat ini transformasi digital sudah merambah ke seluruh lini kehidupan masyarakat termasuk para pelaku UMKM. Bahkan tak sedikit pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi digital yang tidak hanya menjual kepada konsumen (B2C) tetapi sebagai rantai pasok untuk mendapatkan produk dari para prinsipal (B2B).

Melalui pemanfatan teknologi B2B, pelaku usaha bisa mendapatkan harga beli yang lebih murah karena dapat terhubung langsung dengan prinsipal sehingga bisa mendapatkan margin yang lebih besar sekaligus dapat menarik lebih banyak konsumen.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan berdasarkan hasil riset yang dilakukan CELIOS dan GudangAda, platform B2B digital sebagai penyedia saluran distribusi dari produsen, penjual hingga ke end-user akan menjadi tren yang menyebar di berbagai industri, tak terkecuali FMCG.

Riset bertajuk Studi B2B FMCG Marketplace Indonesia Outlook 2023 ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur (literature study) yang melibatkan berbagai sumber, baik primer maupun sekunder dan studi terdahulu yang relevan sehingga menghasilkan analisis yang lebih mendalam.

“Studi ini menemukan 60 persen UKM di Indonesia merasakan manfaat dari penerapan digitalisasi pada bisnisnya seperti mempermudah mencari supplier dan menjangkau pelanggan,” ucapnya.

Bhima mengatakan bahwa saat ini pasar Indonesia sedang berada di masa transisi dari Fase 2 (customer process portal) menuju Fase 3 (multi-channel infrastructure) sehingga kehadiran platform B2B digital akan berperan efektif mengakselerasi transisi tersebut.

“Platfotm B2B digital menyediakan beragam layanan bisnis yang terintegrasi kepada segenap pemain mulai dari prinsipal [perusahaan FMCG] hingga pelaku bisnis level UKM seperti pemilik toko dan warung,” ujarnya.

Riset tersebut juga menemukan tantangan terbesar UKM dalam mengembangkan usaha pascapandemi yaitu kompetisi dengan toko modern (36 persen), konsumen gagal bayar utang (31 persen), dan lokasi usaha yang tidak menguntungkan (27 persen).

Hal ini berkorelasi dengan temuan lain yaitu terdapat peningkatan kebutuhan solusi digital sederhana untuk kecepatan dan efisiensi biaya, fleksibilitas pembayaran, jangkauan pasar lebih luas.

Bhima mengatakan bahwa peluang eskalasi volume B2B FMCG di Indonesia pada 2023 dinilai masih besar seiring dengan potensi bisnis UKM Indonesia, pertumbuhan pengguna internet, serta dukungan pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat.

Namun, riset juga menemukan berbagai tantangan perkembangan industri B2B yaitu rendahnya literasi keuangan, kesenjangan akses digital, dan pembiayaan bagi UKM yang harus diwaspadai oleh para pemain B2B FMCG di Indonesia.

Terdapat prinsip-prinsip panduan di dalam riset yang ditujukan bagi para pemain B2B FMCG untuk membangun ekosistem B2B yang berkelanjutan, diantaranya:
  • Pembuatan aplikasi terintegrasi secara end-to-end,
  • Penguatan saluran distribusi,
  • Penjualan terfokus pada penjual strategis di area tertentu,
  • Penjagaan rasio biaya untuk stabilitas harga pasar.

SVP Marketing & Corporate Affairs GudangAda, Yuanita Agata mengatakan bahwa pendekatan multi saluran (omnichannel) sebagai salah satu upaya industri B2B FMCG dapat bertumbuh lebih pesat. GudangAda sebagai penyedia platform digital B2B fokus pada aspek strategis untuk mencapai posisi terbaik dalam mengarungi persaingan bisnis.

Yakni dengan membangun jalur distribusi yang lebih efisien guna dukung perkembangan bisnis Principal dan Strategic Sellers di area strategis, mengutamakan sustainability dengan menciptakan level margin yang sehat antara Principal dan Mitra Bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...