Langsung ke konten utama

Bersama Kemenparakraf, GoTo Digitalisasi UMKM-Masifkan Lapangan Kerja



Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif, termasuk UMKM dan content creator di berbagai daerah untuk berekspansi ke dalam ekosistem digital. Salah satunya melalui kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Hal ini diwujudkan lewat peran aktif GoTo dalam berbagai program strategis Kemenparekraf, diantaranya program Kajian Ekonomi dan Apresiasi Karya Indonesia (AKI). Tak hanya itu, GoTo turut mendukung transformasi digital pelaku ekonomi kreatif melalui layanan pesan antar GoFood, layanan pembayaran elektronik GoPay serta layanan livestreaming interaktif GoPlay.

"Sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia, UMKM dan pelaku ekonomi kreatif memiliki memiliki peran besar dalam menyerap tenaga kerja. Melalui partisipasi aktif GoTo di dalam program Kajian Ekonomi dan Apresiasi Kreasi Indonesia yang diinisiasi oleh Kemenparekraf, GoTo berkomitmen menjadi andalan mitra usaha di berbagai daerah untuk mengembangkan usahanya," ujar Chief of Public Policy and Government Relations GoTo Shinto Nugroho.

Shinto menjelaskan kerja sama GoTo dan Kemenparekraf sekaligus menjadi salah satu bentuk nyata kemitraan yang konkret dan berkelanjutan. Hal ini juga sejalan dengan fokus GoTo bagi pengembangan bisnis dengan memaksimalkan strategi hyperlocal, serta menyediakan layanan bernilai tambah untuk membantu mitra usaha mengembangkan bisnis.

"Kerja sama GoTo dengan Kemenparekraf akan mendorong pertumbuhan usaha kuliner, kriya, fesyen, musik, dan film di berbagai daerah. GoTo juga menyediakan pelatihan bagi UMKM dan content creator agar dapat menggunakan ekosistem digital untuk pengembangan dan ekspansi bisnis mereka kedepannya," ucapnya.

Lebih lanjut, Shinto mengungkapkan keberadaan dan jangkauan ekosistem GoTo mampu berkontribusi terhadap sekitar lebih dari 2% dari pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. GoTo juga melayani hampir dua pertiga konsumsi rumah tangga di Tanah Air.

Inisiatif ini, ungkap Shinto, sejalan dengan target Kemenparekraf untuk membuka 1,1 juta lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sepanjang 2022.

"Sejalan dengan semangat #BangkitBersama, GoTo mengajak seluruh masyarakat, termasuk pelaku industri kreatif di daerah untuk tetap optimistis dan semangat untuk dapat bertumbuh melalui berbagai program dan inovasi teknologi yang disediakan ekosistem GoTo. Kami berharap kerja sama ini dapat menciptakan mitra usaha yang berjaya, berdaya, dan berkontribusi pada ekonomi lokal bahkan nasional," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat pengumuman kerjasama Juli lalu mengatakan kolaborasi dengan platform digital dapat menciptakan peluang usaha, membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sandiaga menjelaskan Kemenparekraf dan GoTo sudah menyusun program yang berorientasi pada pemulihan perekonomian Indonesia. Selain itu, GoTo juga secara konsisten telah memberikan ragam pelatihan dan edukasi bagi pelaku usaha dan content creator.

"Kemenparekraf bersama GoTo saat ini fokus merancang program yang berorientasi pada pemulihan perekonomian Indonesia. Terutama untuk beradaptasi memasuki tatanan ekonomi baru, dalam rangka transformasi masa pandemi menuju endemi," tuturnya.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/3349296/digitalisasi-turunkan-70-persen-keluhan-karyawan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...