Langsung ke konten utama

Mahasiswa KPI Kolaborasi UMKM Buat Iklan Sinematik

 


Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan Workshop Copywriting dan Pembuatan Iklan Sinematik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai, Jumat-Sabtu (13-14/01/2023) di Gedung Laboratorium Lantai 3 IAIN Parepare.

Sebanyak 52 mahasiswa KPI ikut dan berkolaborasi dengan 22 pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare.

Ketua Prodi KPI Nurhakki merespons antusias para peserta. “Mahasiswa KPI sangat antusias dalam kegiatan, dan mereka memiliki pengalaman kolaborasi dengan pihak UMKM menjadikan mereka belajar membangun jaringan dan mengedepankan kualitas dalam mengerjakan produksi,” terangnya.

Setidaknya dua target dalam kegiatan ini. Pertama, menguatkan semangat kreativitas mahasiswa untuk berpikir kreatif dalam membuat produksi iklan, baik dalam unsur naratif yang dipadukan dengan audio visual. Kedua, membentuk soft skill mahasiswa dalam membentuk jaringan kolaboratif dengan pelaku UMKM.

“Mereka menemukan banyak pengalaman terutama belajar melakukan sesuatu dengan target waktu dan standar kualitas. Copywriting itu juga sangat menuntut mereka belajar kreatif membangun diksi dan narasi dalam menggambarkan sebuah produk yang dipadukan dengan teknik audio visual untuk menghasilkan iklan yang berdurasi singkat namun memiliki kekuatan pesan,” jelas Nurhakki.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini, Muhammad Asdar dan Muhammad Adri Azikin. Keduanya merupakan mahasiswa KPI yang aktif menjadi influencer dalam pembuatan berbagai proyek video profesional.

Salah satu peserta, Fadli mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.

“Bersyukur ada kegiatan ini, awalnya saya kerjakan apa adanya, tapi berkat pelatihan ini saya dapat tekniknya dan hasilnya lebih bagus,” ucapnya. Tanggapan lain juga diungkapkan Annisa, Mahasiswi KPI.


“Kegiatan ini mempertemukan kami dengan produk parfum yang belum memiliki brand dan kami diminta untuk membuatkan logo sekaligus iklannya,” ungkap Annisa, peserta workshop. 

Sumber: https://www.iainpare.ac.id/mahasiswa-kpi-kolaborasi-umkm/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...