Langsung ke konten utama

Strategi Digitalisasi Siap Gerakkan Usaha Mikro Kecil Member Koperasi KBS di Jabodetabek

Strategi Digitalisasi Siap Gerakkan Usaha Mikro Kecil Member Koperasi KBS di Jabodetabek

 Koperasi Bakti Anak Betawai Sejahtera (KBS), sebuah wadah koperasi yang dikelola Forum Komunikasi Anak Betawi, menjalin kerjasama dengan PT Digikop Cipta Indonesia (DCI) untuk menigitalisasi bisnis KBS berikut 100 ribu anggotanya di Jabodetabek.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama kedua pihak dilakukan di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

PT DCI merupakan perusahaan penyedia platform khusus untuk mendukung pengembangan bisnis koperasi.

Koperasi Babe Sejahtera yang didirikan oleh para anggota Forum Komunikasi Anak Betawi saat ini terus melakukan konsolidasi kelembagaan dan bisnis maupun mendukung usaha-usaha para anggotanya.

H. Ismail, Ketua Koperasi KBS, menjelaskan organisasi yang menaungi koperasinya memiliki 12 DPD yang tersebar di Jabodetabek dengan total anggota diperkirakan hampir 100 ribu orang.

Menurut H. Ismail, kerjasama dengan PT DCI merupajan strategi efektif untuk memperkuat kelembagaan Koperasi KBS dan usaha-usaha bisnis para anggota. Banyak anggota koperasinya yang bergelut di berbagai usaha bisnis yang masuk kategori usaha mikro dan kecil.

“Kami ingin mengoptimalkan potensi besar ini dari sisi ekonomi. Melalui kerjasama ini, kami akan memulai Koperasi ini dengan menggiatkan aktivitas keuangan mikro syariah untuk membantu para usaha kecil seperti penjual nasi uduk, lontong sayur dan lainnya. Kita bantu permodalan dengan sistem bagi hasil keuntungan,” ujarnya.

Kerjasama antara Koperasi KBS dengan PT DCI ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MOU) di Jakarta, Jumat (29/1/2001). Penandatangan MOU dilakukan oleh Ketua KBS H Ismail dan Direktur Utama PT DCI Nurlia Nafusa.

PT DCI saat ini  menjalankan program Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) di bidang digitalisasi koperasi. Kerjasama DCI dan Dekopin terjalin melalui penandatanganan MoU antara Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dengan Dirut PT Digital Wahana Asia pada 12 Juli 2020 di Jakarta.

Ismail berharap, program digitalisasi KBS ini akan mempermudah dan mempercepat sistem pengelolaan koperasi yang dipimpinnya.

Melalui platform digital yang dikembangkan PT DCI, semua transaksi dan informasi keuangan koperasi dapat dilakukan secara digital lewat aplikasi android yang disediakan.

Dirut PT DCI Nurlia Nafusa menyambut baik kerjasama dengan Koperasi KBS. Pihaknya siap mendukung Koperasi KBS untuk bertumbuh dan berkembang dalam bisnisnya secara digital.

“Kami sangat bangga dan antusias dapat bekerjasama dengan Koperasi KBS yang merupakan bagian dari Keluarga Besar Forkabi ini,” kata Nurlia Nafusa.

Digikopin memiliki tiga pilar layanan utama, yakni sebagai sistem transaksi antar merchant terdaftar melalui Wahana Pay, sistem pembayaran multi-guna lewat Jasa Pay, dan sistem perdagangan produk-produk dalam Warkop (Wahana Rumah Koperasi).

“Ketiganya dikerjasamakan dengan Koperasi dengan sistem bagi hasil sehingga sama-sama menguntungkan kedua pihak,” kata Nurlia.

Nurlia Nafusa menambahkan, perusahaan yang dipimpinnya akan mendigitalisasi proses penjualan usaha-usaha KBS dan anggotanya untuk memudahkan pencatatan keuangan (record financial) sebagai prasyarat untuk mendapat fasilitas kredit atau modal.

Selain itu, digitalisasi akan menambah aktivitas ekonomi melalui dwifungsi warteg.

“Jadi, warteg bukan hanya sebagai rumah makan, tetapi juga sebagai agen produk digital dan agen transfer,” demikian Nurlia Nafusa.


Sumber: https://www.tribunnews.com/metropolitan/2021/02/03/strategi-digitalisasi-siap-gerakkan-usaha-mikro-kecil-member-koperasi-kbs-di-jabodetabek?page=2

Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...