Langsung ke konten utama

Inovasi Jadi Kunci Sukses IKM Berdaya Saing













Industri kecil dan menengah (IKM) saat ini cukup berdaya saing dalam keunikan dan kreativitas dari beragam produknya, bahkan mereka mampu mendukung pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat. Hal ini didorong karena inovasi yang diciptakan tidak hanya bersifat penemuan produk baru saja, melainkan sebuah inovasi yang bisa dikomersialisasikan.

Demikian disampaikan Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mewakili Menteri Perindustrian pada acara Workshop “Innovating Indonesia’s Cities: The Experience of Innovating Jogja” di Jakarta, Selasa (8/11). Gati memberikan apresiasi kepada pendukungacara, yakni EU-Indonesia Trade Cooperation Facility (TCF) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(BAPPENAS) dalam pengembangan inovasi IKM.

“Dalam konteks bisnis atau industri, inovasi yang bernilai komersial merupakan kunci sukses sebagai kreasi, pengembangan dan implementasi dari suatu produk atau layanan baru dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, ataupun keunggulan bersaing,” papar Gati.

Kemenperin telah memfasilitasi pengembangan inovasi bagi pelaku IKM melalui Bali Creative Industry Center (BCIC). “BCIC sendiri selama ini mengumpulkan para kreator dan inovator dalam sektor fashion, kerajinan, dan industri teknologi informasi dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurut Gati, BCIC memiliki berbagai fasilitas mesin dan peralatan IKM yang dapat digunakan wirausaha muda yang baru memulai bisnis. “Jadi, BCIC memiliki pendekatan yang sama dengan Innovating Jogja, namun durasi pelatihannya lebih panjang dan tidak menyelenggarakan kompetisi. Kami berharap dapat terjalin kolaborasi antara BCIC dengan program Innovating Jogja,” tuturnya.

Di samping itu, lanjut Gati, Kemenperin juga memiliki program E-Smart IKM untuk mendukung perusahaan start-up dan IKM dalam mempromosikan produk-produk mereka. “Para inovator dalam program Innovating Jogja dan pelaku IKM lainnya dapat bergabung dan memanfaatkan E-Smart IKM untuk memperluas pasar,” ungkapnya.

Gati berharap, melalui workshop Innovating Jogja, para inovator dapat memberikan inspirasi dan memperluas pandangan terhadap masa depan inovasi industri yang lebih cerah. “Program Innovating Jogja diharapkan mampu mempercepat berkembangnya para inovator dan wirausaha baru khususnya pelaku IKM di Yogyakarta,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar menyatakan, pihaknya bersama pemangku kepentingan terkait akan mendukung program Innovating Jogja dapat terus berjalan secara berkesinambungan. ”Karena dasar pemikiran Innovating Jogja adalahmembangun ekonomi lokal berbasis inisiatif dari masyarakat dan sektor swasta,” ujarnya.

Haris menjelaskan, Innovating Jogja telah diselenggarakan sejak Juli 2016 dalam bentuk kompetisi inovasi terbuka untuk mencari ide terbaik dalam pengembangan produk IKM. Dari 45 kandidat yang diseleksi pada tahun ini, enam kandidat telah mengikuti proses boot camp dan incubation. Tiga di antaranya membagikan pengalaman mereka ketika mengikuti workshop.

“Tiga inovator yang terpilih diharapkan menjadi wirausaha masa depan yang dapat mengubah arah IKM di Jogja menjadi semakin baik,” tutrnya. Menurut Haris, setelah pelaksanaan program Innovating Jogja, kota-kota lain juga didorong untuk melakukan kegiatan serupa. “Karena kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing komersial dan potensi ekspor IKM sepertisektor batik, kerajinan, produk kulit, dan lain-lain melalui inovasi,” jelasnya.

Sementara itu, Head of Cooperation EU Delegation Franck Viault mengatakan, inovasi penting untuk pertumbuhan ekonomi masa depan karena berdampak jangka panjang. Untuk itu, Uni Eropa berkomitmen menciptakan ekosistem yang menguatkan kegiatan inovasi bagi industri. "Langkah ini perlu mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan, termasuk kalangan universitas, komunitas, dan juga membutuhkan inisiasi dari sektor swasta," ujarnya.

Sedangkan, Key Expert in Innovation EU-Indonesia TCF Satryo Soemantri Brodjonegoro menyatakan, selama ini cukup banyak IKM dalam negeri yang mampu menciptakan produk unggulan. “Salah satunya adalah IKM di Yogyakarta karena kota tersebut menjadi tempat terbaik menumbuhkan semangat inovasi sehingga dipilih menjadi percontohan,” tuturnya.


Sumber: https://kemenperin.go.id/artikel/16493/%20Inovasi-Jadi-Kunci-Sukses-IKM-Berdaya-Saing
Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...