Langsung ke konten utama

GrabExpress Luncurkan Fitur Terbaru, Sempurnakan Pengalaman Pengantaran Social Sellers dan UMKM

GrabExpress Luncurkan Fitur Terbaru, Sempurnakan Pengalaman Pengantaran Social Sellers dan UMKM Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara telah memperbaharui user interface (UI) atau tampilan muka dan menghadirkan serangkaian fitur baru dalam GrabExpress untuk menyempurnakan pengalaman penggunanya yang banyak terdiri dari Social seller dan UMKM.

Fitur-fitur baru ini mencakup Formulir Pengiriman baru, 'Pesan Lagi', 'Periksa Harga Termurah' dan fitur yang dapat melacak status semua paket dalam satu tampilan. Tampilan baru juga memungkinkan pengirim untuk dapat melihat harga untuk semua layanan yang tersedia, setelah mereka memasukkan alamat pengiriman.

Melalui fitur Formulir Pengiriman, social seller dapat membuat tautan yang dapat mereka kirim ke pelanggan untuk memasukkan alamat pengiriman mereka. Fitur ini membantu mengurangi kemungkinan pengiriman paket ke alamat yang salah

GrabExpress juga telah membuat fitur baru yang memungkinkan pengirim melacak status paket dalam satu tampilan sekaligus. Pengguna khususnya social seller yang sering menggunakan fitur Kirim ke banyak tujuan dapat melacak dan memantau semua paket yang dikirim tanpa perlu khawatir paket hilang / tersesat. Untuk memudahkan pengguna yang sering melakukan pengiriman ke alamat yang sama, fitur Pesan Lagi yang baru memungkinkan pengguna untuk menyimpan alamat penerima di aplikasi GrabExpress. Selain itu, dengan Cek Harga Termurah akan menunjukkan kepada pengguna rute pengiriman tercepat dengan harga termurah setelah mereka memasukkan beberapa alamat

Tyas Apsari W., Director of 2W & Logistics, Grab Indonesia menyampaikan, “Tahun 2020 telah membuat banyak bisnis terutama UMKM harus beradaptasi dengan gaya operasional baru. Disini kami melihat bahwa layanan pengantaran menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, dan kami tahu bahwa banyak UMKM dan social seller mencari opsi yang tepat, efisien, dan terjangkau untuk memperluas jangkauan pengiriman mereka.

Oleh karena itu, kami terus mengembangkan diri untuk memberikan pelayanan VIP (Very Important Paket) bagi setiap pengantaran. Melalui pembaruan tampilan GrabExpress serta serangkaian fitur baru yang melengkapi fitur GrabExpress yang sudah ada, kami berharap dapat menyempurnakan pengalaman pengantaran bagi pengguna Social Seller dan UMKM.”

Dengan adanya perubahan kebiasaan / pola kehidupan baru, Grab menemukan perubahan titik pengantaran terbanyak yang cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Area Perumahan, Fasilitas Kesehatan, dan Bank telah menjadi top three titik pengantaran terbanyak dimana pada tahun 2019 titik pengantaran terbanyak berada di Area Perumahan dan Perkantoran. Selain itu, Grab telah menemukan tiga barang yang paling sering dikirim oleh pengguna GrabExpress, seperti Makanan, Pakaian, dan Dokumen.

Melihat adanya peningkatan kebutuhan dalam pengantaran barang, Grab telah memperkuat layanan GrabExpress pada tahun 2020 dengan berbagai inovasi tambahan seperti:

- GrabAssistant, layanan concierge on-demand milik Grab dimana pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak seperti membeli sayuran dari pasar basah atau toko yang tidak tersedia sebagai merchant Grab

- Proof of Delivery yang berfungsi sebagai tanda bukti penerimaan paket sehingga pengirim dan penerima dapat melihat detail nama yang jelas dan jaminan barang terkirim

- Pengiriman Luar Kota, Layanan pengiriman dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia.

- Pengiriman Mitra Toko, Grab juga telah bekerja sama untuk menjadikan GrabExpress sebagai layanan pengiriman dalam pembelian barangnya dengan beberapa mitra toko, seperti Toys Kingdom, MAP Group, HERO, Giant, PD Pasar Jaya, Family Mart, Hypermart.

“Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen berkepanjangan Grab For Good, dimana kami akan terus berupaya untuk melakukan inovasi yang dapat menciptakan dampak sosial positif baik bagi pengguna, merchant, mitra bisnis maupun mitra pengemudi dan pengantaran. Dengan adanya pembaruan fitur ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” tambah Tyas.

Selain mengembangkan fitur-fitur di aplikasinya, GrabExpress telah membangun sebuah komunitas bernama Klub Juragan GrabExpress yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM digital atau social sellers untuk mendapatkan beragam keuntungan termasuk sarana belajar, bantuan pemasaran, serta beragam promo diskon dan paket diskon menarik tanpa dipungut biaya melalui platform WhatsApp.

Komunitas ini merupakan salah satu upaya Grab untuk mendukung digitalisasi UMKM Indonesia yang berjuang untuk #TerusUsaha dan maju secara ekonomi selama Pandemi Covid-19. Dari awal dibangun pada bulan September 2020 hingga saat ini, Klub Juragan GrabExpress telah menaungi lebih dari 8.000 social sellers.

Elsa Monica, pemilik usaha Classy Paper Flower mengatakan, “Klub Juragan GrabExpress (KJGE) telah membantu saya untuk tetap update mengenai perkembangan di layanan GrabExpress dengan adanya admin yang informatif dan Webinar dari social seller yang memberi saya inspirasi dan pandangan baru terkait strategi penjualan dan promosi terutama di masa pandemi ini.

Saat ini, level membership saya sudah Konglomerat, dimana saya menerima keuntungan seperti voucher dan promo pengiriman. Dengan level membership ini, saya merasa termotivasi untuk lebih produktif lagi agar semakin produktif guna meraih lebih banyak keuntungan dan menjadi manfaat bagi mitra pengantran GrabExpress”.

- Pengiriman Luar Kota, Layanan pengiriman dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia.

- Pengiriman Mitra Toko, Grab juga telah bekerja sama untuk menjadikan GrabExpress sebagai layanan pengiriman dalam pembelian barangnya dengan beberapa mitra toko, seperti Toys Kingdom, MAP Group, HERO, Giant, PD Pasar Jaya, Family Mart, Hypermart.

“Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen berkepanjangan Grab For Good, dimana kami akan terus berupaya untuk melakukan inovasi yang dapat menciptakan dampak sosial positif baik bagi pengguna, merchant, mitra bisnis maupun mitra pengemudi dan pengantaran. Dengan adanya pembaruan fitur ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” tambah Tyas.

Selain mengembangkan fitur-fitur di aplikasinya, GrabExpress telah membangun sebuah komunitas bernama Klub Juragan GrabExpress yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM digital atau social sellers untuk mendapatkan beragam keuntungan termasuk sarana belajar, bantuan pemasaran, serta beragam promo diskon dan paket diskon menarik tanpa dipungut biaya melalui platform WhatsApp.

Komunitas ini merupakan salah satu upaya Grab untuk mendukung digitalisasi UMKM Indonesia yang berjuang untuk #TerusUsaha dan maju secara ekonomi selama Pandemi Covid-19. Dari awal dibangun pada bulan September 2020 hingga saat ini, Klub Juragan GrabExpress telah menaungi lebih dari 8.000 social sellers.

Elsa Monica, pemilik usaha Classy Paper Flower mengatakan, “Klub Juragan GrabExpress (KJGE) telah membantu saya untuk tetap update mengenai perkembangan di layanan GrabExpress dengan adanya admin yang informatif dan Webinar dari social seller yang memberi saya inspirasi dan pandangan baru terkait strategi penjualan dan promosi terutama di masa pandemi ini.

Saat ini, level membership saya sudah Konglomerat, dimana saya menerima keuntungan seperti voucher dan promo pengiriman. Dengan level membership ini, saya merasa termotivasi untuk lebih produktif lagi agar semakin produktif guna meraih lebih banyak keuntungan dan menjadi manfaat bagi mitra pengantran GrabExpress”.


Sumber: https://pressrelease.kontan.co.id/release/grabexpress-luncurkan-fitur-terbaru-sempurnakan-pengalaman-pengantaran-social-sellers-dan-umkm?page=2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...