Langsung ke konten utama

GrabExpress Luncurkan Fitur Terbaru, Sempurnakan Pengalaman Pengantaran Social Sellers dan UMKM

GrabExpress Luncurkan Fitur Terbaru, Sempurnakan Pengalaman Pengantaran Social Sellers dan UMKM Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara telah memperbaharui user interface (UI) atau tampilan muka dan menghadirkan serangkaian fitur baru dalam GrabExpress untuk menyempurnakan pengalaman penggunanya yang banyak terdiri dari Social seller dan UMKM.

Fitur-fitur baru ini mencakup Formulir Pengiriman baru, 'Pesan Lagi', 'Periksa Harga Termurah' dan fitur yang dapat melacak status semua paket dalam satu tampilan. Tampilan baru juga memungkinkan pengirim untuk dapat melihat harga untuk semua layanan yang tersedia, setelah mereka memasukkan alamat pengiriman.

Melalui fitur Formulir Pengiriman, social seller dapat membuat tautan yang dapat mereka kirim ke pelanggan untuk memasukkan alamat pengiriman mereka. Fitur ini membantu mengurangi kemungkinan pengiriman paket ke alamat yang salah

GrabExpress juga telah membuat fitur baru yang memungkinkan pengirim melacak status paket dalam satu tampilan sekaligus. Pengguna khususnya social seller yang sering menggunakan fitur Kirim ke banyak tujuan dapat melacak dan memantau semua paket yang dikirim tanpa perlu khawatir paket hilang / tersesat. Untuk memudahkan pengguna yang sering melakukan pengiriman ke alamat yang sama, fitur Pesan Lagi yang baru memungkinkan pengguna untuk menyimpan alamat penerima di aplikasi GrabExpress. Selain itu, dengan Cek Harga Termurah akan menunjukkan kepada pengguna rute pengiriman tercepat dengan harga termurah setelah mereka memasukkan beberapa alamat

Tyas Apsari W., Director of 2W & Logistics, Grab Indonesia menyampaikan, “Tahun 2020 telah membuat banyak bisnis terutama UMKM harus beradaptasi dengan gaya operasional baru. Disini kami melihat bahwa layanan pengantaran menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, dan kami tahu bahwa banyak UMKM dan social seller mencari opsi yang tepat, efisien, dan terjangkau untuk memperluas jangkauan pengiriman mereka.

Oleh karena itu, kami terus mengembangkan diri untuk memberikan pelayanan VIP (Very Important Paket) bagi setiap pengantaran. Melalui pembaruan tampilan GrabExpress serta serangkaian fitur baru yang melengkapi fitur GrabExpress yang sudah ada, kami berharap dapat menyempurnakan pengalaman pengantaran bagi pengguna Social Seller dan UMKM.”

Dengan adanya perubahan kebiasaan / pola kehidupan baru, Grab menemukan perubahan titik pengantaran terbanyak yang cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Area Perumahan, Fasilitas Kesehatan, dan Bank telah menjadi top three titik pengantaran terbanyak dimana pada tahun 2019 titik pengantaran terbanyak berada di Area Perumahan dan Perkantoran. Selain itu, Grab telah menemukan tiga barang yang paling sering dikirim oleh pengguna GrabExpress, seperti Makanan, Pakaian, dan Dokumen.

Melihat adanya peningkatan kebutuhan dalam pengantaran barang, Grab telah memperkuat layanan GrabExpress pada tahun 2020 dengan berbagai inovasi tambahan seperti:

- GrabAssistant, layanan concierge on-demand milik Grab dimana pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak seperti membeli sayuran dari pasar basah atau toko yang tidak tersedia sebagai merchant Grab

- Proof of Delivery yang berfungsi sebagai tanda bukti penerimaan paket sehingga pengirim dan penerima dapat melihat detail nama yang jelas dan jaminan barang terkirim

- Pengiriman Luar Kota, Layanan pengiriman dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia.

- Pengiriman Mitra Toko, Grab juga telah bekerja sama untuk menjadikan GrabExpress sebagai layanan pengiriman dalam pembelian barangnya dengan beberapa mitra toko, seperti Toys Kingdom, MAP Group, HERO, Giant, PD Pasar Jaya, Family Mart, Hypermart.

“Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen berkepanjangan Grab For Good, dimana kami akan terus berupaya untuk melakukan inovasi yang dapat menciptakan dampak sosial positif baik bagi pengguna, merchant, mitra bisnis maupun mitra pengemudi dan pengantaran. Dengan adanya pembaruan fitur ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” tambah Tyas.

Selain mengembangkan fitur-fitur di aplikasinya, GrabExpress telah membangun sebuah komunitas bernama Klub Juragan GrabExpress yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM digital atau social sellers untuk mendapatkan beragam keuntungan termasuk sarana belajar, bantuan pemasaran, serta beragam promo diskon dan paket diskon menarik tanpa dipungut biaya melalui platform WhatsApp.

Komunitas ini merupakan salah satu upaya Grab untuk mendukung digitalisasi UMKM Indonesia yang berjuang untuk #TerusUsaha dan maju secara ekonomi selama Pandemi Covid-19. Dari awal dibangun pada bulan September 2020 hingga saat ini, Klub Juragan GrabExpress telah menaungi lebih dari 8.000 social sellers.

Elsa Monica, pemilik usaha Classy Paper Flower mengatakan, “Klub Juragan GrabExpress (KJGE) telah membantu saya untuk tetap update mengenai perkembangan di layanan GrabExpress dengan adanya admin yang informatif dan Webinar dari social seller yang memberi saya inspirasi dan pandangan baru terkait strategi penjualan dan promosi terutama di masa pandemi ini.

Saat ini, level membership saya sudah Konglomerat, dimana saya menerima keuntungan seperti voucher dan promo pengiriman. Dengan level membership ini, saya merasa termotivasi untuk lebih produktif lagi agar semakin produktif guna meraih lebih banyak keuntungan dan menjadi manfaat bagi mitra pengantran GrabExpress”.

- Pengiriman Luar Kota, Layanan pengiriman dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia.

- Pengiriman Mitra Toko, Grab juga telah bekerja sama untuk menjadikan GrabExpress sebagai layanan pengiriman dalam pembelian barangnya dengan beberapa mitra toko, seperti Toys Kingdom, MAP Group, HERO, Giant, PD Pasar Jaya, Family Mart, Hypermart.

“Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen berkepanjangan Grab For Good, dimana kami akan terus berupaya untuk melakukan inovasi yang dapat menciptakan dampak sosial positif baik bagi pengguna, merchant, mitra bisnis maupun mitra pengemudi dan pengantaran. Dengan adanya pembaruan fitur ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” tambah Tyas.

Selain mengembangkan fitur-fitur di aplikasinya, GrabExpress telah membangun sebuah komunitas bernama Klub Juragan GrabExpress yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM digital atau social sellers untuk mendapatkan beragam keuntungan termasuk sarana belajar, bantuan pemasaran, serta beragam promo diskon dan paket diskon menarik tanpa dipungut biaya melalui platform WhatsApp.

Komunitas ini merupakan salah satu upaya Grab untuk mendukung digitalisasi UMKM Indonesia yang berjuang untuk #TerusUsaha dan maju secara ekonomi selama Pandemi Covid-19. Dari awal dibangun pada bulan September 2020 hingga saat ini, Klub Juragan GrabExpress telah menaungi lebih dari 8.000 social sellers.

Elsa Monica, pemilik usaha Classy Paper Flower mengatakan, “Klub Juragan GrabExpress (KJGE) telah membantu saya untuk tetap update mengenai perkembangan di layanan GrabExpress dengan adanya admin yang informatif dan Webinar dari social seller yang memberi saya inspirasi dan pandangan baru terkait strategi penjualan dan promosi terutama di masa pandemi ini.

Saat ini, level membership saya sudah Konglomerat, dimana saya menerima keuntungan seperti voucher dan promo pengiriman. Dengan level membership ini, saya merasa termotivasi untuk lebih produktif lagi agar semakin produktif guna meraih lebih banyak keuntungan dan menjadi manfaat bagi mitra pengantran GrabExpress”.


Sumber: https://pressrelease.kontan.co.id/release/grabexpress-luncurkan-fitur-terbaru-sempurnakan-pengalaman-pengantaran-social-sellers-dan-umkm?page=2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

OPINI Cristeddy Asa Bakti: Menentukan Posisi di Era Digitalisasi

REVOLUSI  industri memegang peranan penting dalam  kehidupan manusia. Dimulai dari revolusi industri 1.0 pada abad ke-18 di mana tenaga manusia mulai digantikan dengan mesin bertenaga uap dampaknya pekerjaan yang sebelumnya di kerjakan manusia terdisrupsi oleh mesin uap. Pada era tersebut muncul pekerjaan baru yaitu sebagai operator mesin uap dan juga manusia yang sebelumnya hanya berfokuskan menggunakan tenaga mulai meningkatkan kompetensi supaya bisa mengoperasikan mesin tersebut. Revolusi industri 2.0 yang terjadi di awal abad ke-20 ditandai dengan kemunculan tenaga listrik. Perubahan dari mesin uap ke mesin bertenaga listrik dikarenakan energi listrik mudah diubah menjadi energi yang lain.  Pada era ini pun juga terjadi disrupsi dan perubahan yaitu mulai bermunculannya pabrik-pabrik untuk pembuatan produk massal dikarenakan mulai diperkenalkan dengan kehadiran “ban berjalan” (konveyor) misalnya: mobil, motor. Dampaknya manusia yang sebelumnya bermata...

Stafsus Presiden Andi Taufan Apresiasi Pengembangan UMKM di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) –  Staf Khusus Presiden Indonesia, Andi Taufan Garuda Putra bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Andi Taufan berdialog langsung dengan para pelaku usaha untuk menyerap langsung berbagai usulan dan permasalahan yang dialami. “Saya berdiskusi dengan pak presiden setiap dua minggu atau sebulan sekali  tentang bagaimana UMKM bisa naik kelas. Apa yang saya dapat dari dialog ini, menjadi bahan kami untuk menyampaikan gagasan-gagasan inovatif pengembangan UMKM,” ungkap Andi, Kamis (30/1/2020). Dari hasil dialog tersebut, lanjut Andi, tantangan UMKM berkisar pada tiga hal. “Secara holistik untuk meningkatkan UMKM itu, yang pertama masalah produk, bagaimana menambah value dengan desain kemasan dan lain sebagainya. Selanjutnya adalah kompetensi. Terutama dalam kompetensi dalam menajemen keuangan. Dan yang terakhir, adalah akses pasar,” jelasnya. Dari tiga hal tersebut, Andi menilai Banyuwangi jauh le...