Langsung ke konten utama

Kota Bandung yang Pertama, BAKTI Kominfo Bersama KNPI Adakan Pelatihan Digitalisasi UMKM

Kota Bandung yang Pertama, BAKTI Kominfo Bersama KNPI Adakan Pelatihan Digitalisasi UMKM

Pandemi Covid-19 diharapkan menjadi momentum untuk mengakselerasi Indonesia Digital, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di Indonesia UMKM merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional. Maka tak heran jika sektor UMKM terganggu maka ekonomi nasional juga terganggu.

Kota Bandung menjadi kota pertama yang terpilih roadshow program pelatihan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) digital yang diinisiasi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo, bekerjasama dengan DPD KNPI Kota Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan hadirnya pelatihan ini, ia berharap, pelaku UMKM lebih kreatif, inovatif, dan memperluas pangsa pasarnya sehingga bisa meningkatkan ekonomi para pelaku usaha.

“Penetrasi pasar di masa pandemi ini, tentu membutuhkan digitalisasi dan membutuhkan penetrasi pasar tidak secara offline,” kata Yana usai menghadiri Digitalisasi UMKM dengan tema “Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia menuju UMKM Go Digital” di Hotel Horison Bandung, Jumat (29/01/2021).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asep Komarudin Sekretaris DPD KNPI Jawa Barat, Kang Askom begitu beliau biasa disapa mengharapkan agar kegiatan ini menjadi inspirasi untuk tumbuhnya UMKM berbasis digital di Kota Bandung dan Jawa Barat.

“Dalam rangka menghadapi era globalisasi, modernisasi dan digitalisasi, dengan diselenggarakannya kegiatan ini semoga pemuda kota Bandung dan Jawa Barat dapat berkontribusi demi terwujudnya harapan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara menyampaikan, bahwa diselenggarakan nya kegiatan ini sebagai salah satu bentuk upaya KNPI Kota Bandung dalam mengajak para pemuda yang bergerak di bidang UMKM untuk berperan aktif dalam pemulihan sistem per ekonomian Nasional yang terguncang oleh badai pandemi covid 19. Karena UMKM di anggap pondasi perekekonomian Nasional.

“Harapan nya, para pengurus KNPI Kota Bandung, DPK KNPI dan OKP se-Kota Bandung yang bergerak di bidang UMKM mampu menjadi motor penggerak agar lebih kreatif dalam memperluas pasarnya,” harap Hegun sapaan akrabnya.

Sementara Bakti sebagai inisiator kegiatan ini, menyampaikan bahwa pada alumni kegiatan ini diberikan kesempatan untuk mengikuti pendampingan.

Dihari pertama peserta diberikan materi manajemen bisnis untuk UMKM Ynsnh disampaikan oleh Hj. Siti Mufattahah, Psi, M.B.A, pada sesi ini dikupas tuntas mengenai delapan manajemen yang harus dikuasi oleh para pelaku UMKM, dari mulai manajemen keuangan sampai dengan manajemen pemulihan, pemateri juga memberikan motivasi agar para pelaku UMKM Bisa memperluas pangsa pasar sampai ke luar negeri.

Sementara itu dihari kedua peserta diberikan materi mengenai keuangan digital juga materi tentang media sosial.

Kegiatan ini di selenggarakan 29-30 Januari 2021. Untuk peserta hanya di batasi untuk 30 UMKM dari berbagai elemen, terbatas karena situasi dan kondisi. **


Sumber: https://www.patrolicyber.com/kota-bandung-yang-pertama-bakti-kominfo-bersama-knpi-adakan-pelatihan-digitalisasi-umkm/

Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...