Langsung ke konten utama

Sinar Mas Land Beri Pelatihan Digitalisasi Pemasaran Kepada 400 UMKM Binaan Rumah Pintar BSD City

Dalam rangka pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang ekonomi sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19, CSR Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk menyelenggarakan rangkaian pelatihan bagi 400 pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) binaan yang tergabung dalam Rumah Pintar BSD.

Hal tersebut dilakukan karena UMKM merupakan salah satu sektor pendorong pertumbuhan ekonomi. Para pelaku UMKM saat ini dituntut mampu melakukan inovasi dengan melakukan terobosan melalui digitalisasi. Selain itu, para pelaku UMKM juga perlu memperoleh pembekalan dalam memastikan kualitas produk mereka agar berdaya saing tinggi di pasar.

Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan, mereka juga akan diberikan pelatihan literasi keuangan sehingga nantinya mereka dapat mengelola keuangan dengan baik. Pelatihan-pelatihan tersebut bermanfaat untuk keberlangsungan produksi para pelaku UMKM dan menciptakan belanja konsumen yang berkelanjutan. 

Pelatihan dilakukan secara virtual mulai 13 Februari sampai 15 Mei 2021. Hal ini akan dilanjutkan dengan pendampingan dan pembuatan platform digital pemasaran sebagai etalase online bagi produk-produk yang dihasilkan para binaan.

Sebagai langkah awal, pada Selasa (9/2), CSR Sinar Mas Land akan melakukan sosialisasi secara virtual kepada regulator terkait di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan yaitu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Kepala Dinas Pariwisata. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tangerang Selatan, Deden Deno,  memberikan dukungan atas pelatihan yang diberikan Sinar Mas Land. 

Ia menilai pelatihan kepada UMKM sangat dibutuhkan, terutama dalam menyiasati tantangan selama pandemi saat ini. “Saya berharap langkah Sinar Mas Land dapat diikuti banyak pihak lain untuk mengembangkan UMKM kita,” tandasnya. 

Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah yang diberikan atas terwujudnya pelatihan UMKM tersebut.

“Harapan ke depan, dengan pelatihan dan kehadiran platform digital pemasaran, Sinar Mas Land dapat terus mendukung para pelaku UMKM untuk bertahan bahkan berkembang mengambil peluang di masa keprihatinan ini,” ujar Maria.

Ada dua ahli yang akan mengisi pelatihan itu. Narasumber tersebut ialah pakar digital branding Rujiyanto selaku Founder Rujiyanto Branding Academy & Founder Artistika Poster Indonesia yang memaparkan materi tentang branding. Dosen Desain Komunikasi di Binus, Untar, dan UMN ini akan mengisi pelatihan sebanyak enam sesi. Narasumber lain ialah Endang Retno Wardhani yang menyampaikan tentang kualitas produk dan literasi keuangan sebanyak delapan sesi.


Sumber: https://tangerangnews.com/tangsel/read/34228/Sinar-Mas-Land-Beri-Pelatihan-Digitalisasi-Pemasaran-Kepada-400-UMKM-Binaan-Rumah-Pintar-BSD-City

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...