Langsung ke konten utama

Makanan Jadi Barang yang Paling Banyak Dikirim Lewat GrabExpress

10 Fakta Terbaru Tentang Grab SuperApp yang Perlu Kamu Tahu

GrabExpress baru saja mengumumkan sejumlah fitur baru yang hadir di layanannya. Bersama dengan pengumuman itu, GrabExpress juga sempat mengungkap deretan barang yang banyak dikirim melalui platformnya.

Menurut Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari, makanan menjadi item yang paling banyak dikirim via GrabExpress mengingat layanan yang ditawarkan memang melayani kebutuhan pengiriman cepat, baik untuk express maupun sameday.

"Karena dengan layanan kami yang express dan sameday, sedangkan makanan tidak bisa tahan lama, banyak pengguna lebih memililih layanan kami daripada ekspedisi," tuturnya saat bertemu dengan awak media secara virtual di Jakarta, Jumat (5/2/2021) sore.

Selain itu, barang lain yang juga kerap dikirim melalui GrabExpress adalah produk fashion. Sementara barang terakhir yang kini meningkat pengirimannya adalah dokumen.

"Dokumen ini sudah mulai marak, meski dari dulu sudah ada. Namun sekarang kita terpaksa work from home, dan kantor mungkin membutuhkan dokumen dengan tanda tangan basah. Pengiriman ini mulai banyak dilakukan, baik ke kantor atau ke rumah," ujarnya menjelaskan.

Dalam kesempatan itu, Tyas juga mengatakan layanan logistik dari Grab ini di 2021 tetap membawa semangat yang diusung Grab for Good. Karenanya, inovasi yang dihadirkan di tahun ini diharapkan bisa menstimulasi digitalisasi UMKM di Indonesia.

Sementara untuk tren logistik di 2021, Tyas mengatakan bisnis e-commerce masih akan menjadi faktor penggerak untuk industri ini dan diikuti oleh social commerce.

"Untuk tren logistik, berdasarkan pantauan kami, e-commerce akan sangat berkembang. Kami juga melihat social commerce akan menjadi penggerak di bisnis logistik 2021," ujarnya menjelaskan.

Terkait GrabExpress sendiri, Tyas menuturkan, layanan ini berkembang signifikan di 2020, meski dia mengungkap lebih detail informasi tersebut. Hanya dia memastikan layanan akan terus berinovasi memenuhi kebutuhan para pengguna, termasuk pelaku UMKM dan social seller.

GrabExpress baru saja mengumumkan deretan fitur baru yang ada di layanannya. Kehadiran fitur baru ini menurut Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari, diharapkan dapat mendukung aktivitas pelaku UMKM maupun pengguna umum.

"Hari ini, kami mengumumkan sejumlah inovasi baru yang hadir di GrabExpress. Kami harap inovasi ini dapat membantu rekan UMKM di Indonesia atau masyarakat pada umumnya," tuturnya saat berbicara dengan awak media, Jumat (5/2/2021).

Salah satu inovasi yang dihadirkan di layanan GrabExpress, kata Tyas adalah tampilan aplikasi yang dibuat lebih simpel dan mulus. Perubahan ini juga diharapkan bisa mempermudah pengguna saat melakukan pengiriman.

"Pembaruan ini sudah kami luncurkan secara berkala. Seharusnya di minggu ini, semua orang yang sudah memperbarui aplikasinya lewat Play Store dan App Store dapat melihat tampilan baru di GrabExpress," ujarnya menjelaskan.

Dengan tampilan baru ini, pengguna Grab juga lebih mudah untuk mengetahui biaya pengiriman. Jadi, pengguna tinggal memasukan lokasi pengiriman dan tujuan, biaya pengiriman bisa langsung terdeteksi, tanpa perlu memasukkan alamat lengkap terlebih dulu.

Fitur lain yang juga hadir di GrabExpress adalah formulir pengiriman. Melalui fitur ini, pengguna atau mitra pelaku UMKM dapat meminta penerima mengisi formulir dengan alamat tujuan, sehingga lokasinya bisa lebih akurat.

"Fitur ini hadir sebab kami mendengar masukan pengguna GrabExpress. Tantangan yang biasanya dihadapi layanan pengiriman adalah pengirim kadang tidak tahu persis lokasi tujuan di mana, sehingga penerima yang lebih mengenal daerahnya dapat mengisi sendiri," ucap Tyas.

Permudah Pelacakan

GrabExpress kini juga memudahkan pengguna untuk melacak paket yang dikirimkan, terutama bagi pengguna yang melakukan pengiriman banyak paket sekaligus dalam satu paket.

"Jadi kini pengguna dapat melihat status masing-masing paket yang dikirimkan Sebab, kami juga mendengarkan pelaku UMKM atau social seller yang anxious apabila barangnya belum sampai, sehingga kami ingin membantu kekhawatiran itu," ujar Tyas menjelaskan .

Ada pula fitur pesan lagi untuk alamat yang pernah menjadi tujuan pengiriman. Jadi, alamat tujuan dapat disimpan dan pengguna dapat langsung melakukan pemesanan langsung ke penerima.

GrabExpress kini turut meningkatkan kemampuan dari sistem pengiriman ke banyak tujuan. Berbekal peningkatan ini, sistem akan secara otomatis menghadirkan rute tercepat dan terdekat, sehingga biaya kirim lebih murah.

"Di versi terbaru ini, dengan mudah cukup satu tombol usai memasukkan beberapa alamat tujuan, pengguna dapat langsung mengetahui mencari rute tercepat tiba di destinasi," ucapnya lebih lanjut.


Sumber: liputan6.com/tekno/read/4476239/makanan-jadi-barang-yang-paling-banyak-dikirim-lewat-grabexpress

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...