Langsung ke konten utama

Marketplace Jadi Peluang Utama Bagi UMKM untuk Berkembang

Marketplace Jadi Peluang Utama Bagi UMKM untuk Berkembang

 Di masa perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini, upaya transformasi pada bentuk digital merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah guna membantu para pelaku UMKM beradaptasi dan tetap bertahan di masa saat ini. 

Mengingat UMKM merupakan salah satu roda penggerak ekonomi Indonesia, bahkan salah satu sektor yang menjadi unggulan karena selalu tumbuh dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. 

Terlebih setelah masuknya revolusi industri 4.0, pemerintah berharap pelaku UMKM dapat bersaing pada skala besar dengan upaya transformasi digital pada bisnis UMKM meskipun nyatanya banyak kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis mikro dan menengah.

Giri Buana selaku Virtual Restaurant and Market Research Consultant menyampaikan bahwa era digital merupakan salah satu era yang paling menguntungkan saat ini.

"Sebelum hadirnya era digital, semua transaksi itu banyak dilakukan secara manual baik restoran maupun bisnis. Dimana saat itu kelompok pebisnis pebisnis besar atau kuliner yang sudah besar itu mereka bersaing satu sama lain di segmen pasarnya sendiri. Sedangkan UKM-UKM sama seperti pebisnis besar cuma mereka bersaing di pasar kecil, sehingga para konsumen itu terkotak-kotak," tuturnya.

Namun hal tersebut berbeda ketika masuk ke era digital, dimana banyak platform aplikasi online seperti Go Food maupun Grab Food para pelaku usaha ini tidak terbatasi oleh segmen pasar.  Mengapa begitu? karena para konsumen ini tidak lagi hanya tertuju kepada satu arah, misalnya kita mau beli fried chicken milik perusahaan besar. Adapun dengan masuknya era digitalisasi konsumen ini bisa jadi akan beli fried chicken dari pedagang kaki lima.

"Secara enggak langsung posisi para pemain besar dan para UKM ini berada di posisi yang sama di mata marketplace (ekonomi digiital) seperti Go Food maupun Grab Food," ucapnya.

Tak hanya itu saja, masuknya era digital semakin memudahkan para konsumen untuk memesan produk atau makanan yang ingin didapatkan. Contohnya kalian mau beli kentang goreng namun restorannya ada di tempat yang terpencil, maka  tinggal buka saja marketplace seperti Go Food atau Grab Food untuk memesan lalu tunggu beberapa menit makanan atau produk yang kalian pesan pun akhirnya datang.

"Nah kalau kita lihat dari sisi positifnya, era digital ini merupakan suatu potensi baru bagi UMKM. Sehingga mereka bisa bersaing, tidak hanya memperebutkan pangsa pasar middle low, jadi tidak ada perbedaan dengan hadirnya marketplace," pungkasnya.


Sumber: https://akurat.co/ekonomi/id-1270492-read-marketplace-jadi-peluang-utama-bagi-umkm-untuk-berkembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Ini tren yang akan terjadi di pengembang aplikasi

JAKARTA (IndoTelko) – Outsystem penyedia platform Low Code mengumumkan 5 Tren yang diprediksi akan muncul pada kalangan Pengembang Aplikasi di Asia Pasifik. Sebuah infobrief dari IDC mengatakan pada tahun 2024, generasi baru dari para pengembang yang membuat aplikasi-aplikasi tanpa menulis kode/Low Code akan mencapai 20% dari semua pengembang di kawasan Asia-Pasifik. Para pengembang ini akan mengakselerasi transformasi digital di semua lini industri - dengan menyoroti disrupsi pasar dan inovasi tiada henti. “Low-code memberikan para pengembang ini potensi untuk menjembatani kubu-kubu, memangkas proses dan memungkinkan tim untuk bekerjasama dan fokus pada inti upaya transformasi serta meningkatkan pengalaman pengguna,” kata Vice President Outsystems Asia Pasifik Mark Weaser. Mark juga menambahkan, bahwa aplikasi-aplikasi kini menjadi sangat penting bagi para konsumen. Aplikasi telah secara fundamental merubah cara orang-orang mengorganisasi dan memaksimalkan kegiatan rutin seh...