Langsung ke konten utama

Marketplace Jadi Peluang Utama Bagi UMKM untuk Berkembang

Marketplace Jadi Peluang Utama Bagi UMKM untuk Berkembang

 Di masa perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini, upaya transformasi pada bentuk digital merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah guna membantu para pelaku UMKM beradaptasi dan tetap bertahan di masa saat ini. 

Mengingat UMKM merupakan salah satu roda penggerak ekonomi Indonesia, bahkan salah satu sektor yang menjadi unggulan karena selalu tumbuh dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. 

Terlebih setelah masuknya revolusi industri 4.0, pemerintah berharap pelaku UMKM dapat bersaing pada skala besar dengan upaya transformasi digital pada bisnis UMKM meskipun nyatanya banyak kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis mikro dan menengah.

Giri Buana selaku Virtual Restaurant and Market Research Consultant menyampaikan bahwa era digital merupakan salah satu era yang paling menguntungkan saat ini.

"Sebelum hadirnya era digital, semua transaksi itu banyak dilakukan secara manual baik restoran maupun bisnis. Dimana saat itu kelompok pebisnis pebisnis besar atau kuliner yang sudah besar itu mereka bersaing satu sama lain di segmen pasarnya sendiri. Sedangkan UKM-UKM sama seperti pebisnis besar cuma mereka bersaing di pasar kecil, sehingga para konsumen itu terkotak-kotak," tuturnya.

Namun hal tersebut berbeda ketika masuk ke era digital, dimana banyak platform aplikasi online seperti Go Food maupun Grab Food para pelaku usaha ini tidak terbatasi oleh segmen pasar.  Mengapa begitu? karena para konsumen ini tidak lagi hanya tertuju kepada satu arah, misalnya kita mau beli fried chicken milik perusahaan besar. Adapun dengan masuknya era digitalisasi konsumen ini bisa jadi akan beli fried chicken dari pedagang kaki lima.

"Secara enggak langsung posisi para pemain besar dan para UKM ini berada di posisi yang sama di mata marketplace (ekonomi digiital) seperti Go Food maupun Grab Food," ucapnya.

Tak hanya itu saja, masuknya era digital semakin memudahkan para konsumen untuk memesan produk atau makanan yang ingin didapatkan. Contohnya kalian mau beli kentang goreng namun restorannya ada di tempat yang terpencil, maka  tinggal buka saja marketplace seperti Go Food atau Grab Food untuk memesan lalu tunggu beberapa menit makanan atau produk yang kalian pesan pun akhirnya datang.

"Nah kalau kita lihat dari sisi positifnya, era digital ini merupakan suatu potensi baru bagi UMKM. Sehingga mereka bisa bersaing, tidak hanya memperebutkan pangsa pasar middle low, jadi tidak ada perbedaan dengan hadirnya marketplace," pungkasnya.


Sumber: https://akurat.co/ekonomi/id-1270492-read-marketplace-jadi-peluang-utama-bagi-umkm-untuk-berkembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...