Langsung ke konten utama

UKM Manfaatkan E-commerce untuk Jualan Online saat Physical Distancing

KONTEN SPESIAL, (COVER), Koleksi K-Pop, Ilustrasi Online Shop

Wabah virus corona di Indonesia bisa jadi malapetaka bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan imbauan physical distancing yang dicanangkan pemerintah, aktivitas tatap muka yang memerlukan kehadiran fisik dipastikan akan berkurang.

Dampaknya, pedagang UKM bisa jadi mengalami penurunan penjualan. Para konsumen yang biasanya keluar rumah dan mendatangi lapak pedagang untuk membeli sesuatu, tentu jumlahnya bakal berkurang dengan kondisi saat ini.
Namun, dampak dari physical distancing sebenarnya dapat diatasi melalui e-commerce. Melalui platform marketplace online, para pedagang bisa tetap terkoneksi dengan konsumen secara digital. Kebanyakan warga pun sekarang lebih banyak memilih belanja online.
Physical distancing begini sebenarnya dapat menjadi momen yang pas untuk orang mulai mendirikan Usaha Kecil Menengah-nya. Apalagi bagi pekerja lepas (freelance) dan pekerja harian (daily worker) yang pemasukannya menjadi tidak pasti karena banyak kantor sedang membatasi aktivitas karyawannya di luar rumah.
Di saat aktivitas saat ini yang lebih banyak di rumah, itu berarti lebih banyak waktu yang bisa dipakai untuk mematangkan ide dan rencana UKM yang hendak kamu buat. Namun, memulai berdagang online bukan perkara yang mudah jika tak memiliki pengetahuan dan pengalaman.
Untungnya, sejumlah platform e-commerce memiliki program pelatihan untuk pedagang UKM baru yang hendak belajar mendirikan usahanya secara online. Salah satu program yang sudah berdiri lama dalam hal pelatihan UKM adalah Lazada University.
Melalui Lazada University, kamu bisa mempelajari topik-topik berdagang online mulai dari strategi promosi, cara berkomunikasi dengan konsumen, peluang yang bisa diambil untuk jangka pendek, hingga cara menganalisis potensi masa depan dalam bisnis kamu. Layanan belajar ini juga tersedia melalui tutorial, video, dan webinar yang tersedia secara online, sehingga kamu tak perlu lagi pusing-pusing untuk ke luar rumah.
Salah satu contoh mereka yang mampu memaksimalkan e-commerce adalah Imam Asyari, seorang pedagang online aksesori motor di Lazada. Laki-laki yang akrab dipanggil Ali ini bercerita, salah satu fitur Lazada yang paling bermanfaat untuknya adalah IM Chat. Melalui fitur itu, dia dapat membalas pesan dari konsumen hingga memberi tahu barang dagangannya yang terbaru kepada calon pembeli.
"Saya coba terus untuk pelajari semua fitur yang disediakan dan bagaimana sistem di Lazada bekerja," kata Ali. "Ada komunitas seller juga di daerah saya, jadi saya sesekali bisa belajar di sana."
Komunitas seller yang kuat ini saling dimanfaatkan para seller lain untuk belajar dan berbagi pengalaman mereka. Gerakan semacam ini memberi dampak besar bagi UKM karena ini juga jadi ajang bagi mereka untuk saling kenal satu sama lain dan berjejaring. Bukan tidak mungkin mereka bisa saling berkolaborasi untuk menjelajahi peluang baru.
Sejumlah pedagang juga ada yang mengambil langkah untuk menitipkan produk dagangannya di gudang Lazada yang kini tersedia 12 gudang utama di seluruh Indonesia. Mereka yang sudah titip produk di gudang pasti sangat terbantu dalam kondisi physical distancing seperti sekarang, karena proses pengemasan hingga pengiriman barang telah diurus oleh Lazada. Dengan demikian, physical distancing tak lagi jadi hambatan untuk tetap berjualan.
Dengan model seperti ini pula, UKM bisa memikirkan hal lain yang lebih berorientasi pada pengembangan produk atau pemasaran, karena urusan pengemasan dan pengiriman barang sudah diselesaikan oleh mitra e-commerce.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

OPINI Cristeddy Asa Bakti: Menentukan Posisi di Era Digitalisasi

REVOLUSI  industri memegang peranan penting dalam  kehidupan manusia. Dimulai dari revolusi industri 1.0 pada abad ke-18 di mana tenaga manusia mulai digantikan dengan mesin bertenaga uap dampaknya pekerjaan yang sebelumnya di kerjakan manusia terdisrupsi oleh mesin uap. Pada era tersebut muncul pekerjaan baru yaitu sebagai operator mesin uap dan juga manusia yang sebelumnya hanya berfokuskan menggunakan tenaga mulai meningkatkan kompetensi supaya bisa mengoperasikan mesin tersebut. Revolusi industri 2.0 yang terjadi di awal abad ke-20 ditandai dengan kemunculan tenaga listrik. Perubahan dari mesin uap ke mesin bertenaga listrik dikarenakan energi listrik mudah diubah menjadi energi yang lain.  Pada era ini pun juga terjadi disrupsi dan perubahan yaitu mulai bermunculannya pabrik-pabrik untuk pembuatan produk massal dikarenakan mulai diperkenalkan dengan kehadiran “ban berjalan” (konveyor) misalnya: mobil, motor. Dampaknya manusia yang sebelumnya bermata...

Stafsus Presiden Andi Taufan Apresiasi Pengembangan UMKM di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) –  Staf Khusus Presiden Indonesia, Andi Taufan Garuda Putra bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Andi Taufan berdialog langsung dengan para pelaku usaha untuk menyerap langsung berbagai usulan dan permasalahan yang dialami. “Saya berdiskusi dengan pak presiden setiap dua minggu atau sebulan sekali  tentang bagaimana UMKM bisa naik kelas. Apa yang saya dapat dari dialog ini, menjadi bahan kami untuk menyampaikan gagasan-gagasan inovatif pengembangan UMKM,” ungkap Andi, Kamis (30/1/2020). Dari hasil dialog tersebut, lanjut Andi, tantangan UMKM berkisar pada tiga hal. “Secara holistik untuk meningkatkan UMKM itu, yang pertama masalah produk, bagaimana menambah value dengan desain kemasan dan lain sebagainya. Selanjutnya adalah kompetensi. Terutama dalam kompetensi dalam menajemen keuangan. Dan yang terakhir, adalah akses pasar,” jelasnya. Dari tiga hal tersebut, Andi menilai Banyuwangi jauh le...