Langsung ke konten utama

Transformasi Digital Toko Wahab di Tangan Generasi Ketiga

William Sunito, CEO PT Global Digital Lestari
William Sunito, CEO PT Global Digital Lestari, pemilik tokowahab.com, platform B2B marketplace khusus food-service supply
Cerita bisnis keluarga yang berkembang di tangan generasi ketiga selalu menarik disimak. Dan, itulah yang tampak pada Toko Wahab.
Berdiri pada 1959 di bawah payung PT Multi Makmur Abadi (MMA), mulanya Toko Wahab adalah toko kelontong sembako di Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat. 30 tahun kemudian (1989), karena melihat kebutuhan bahan bakery & pastry terus meningkat, generasi kedua mengembangkan usaha kecil ini menjadi pemasok bahan baku kue serta makanan jadi, antara lain makanan kaleng, makanan restoran, serta bakery & pastry
Seiring berjalannya waktu, toko terus berkembang, bahkan menjadi distributor untuk manufaktur dan waralaba besar. Dan akhirnya, generasi ketiga pun mengambil peran. Tahun 2015, William Sunito, generasi ketiga, turun tangan membantu bisnis setelah menyelesaikan pendidikan Bachelor of Business Administration (BBA) di University of Washington, Amerika Serikat.
Masuk ke Toko Wahab, William membawa model baru: mengubah dari offline menjadi online dan menggeser target pasar ke UMKM. Juli 2017, berdirilah tokowahab.com, platform B2B marketplace khusus food-service supply. Operasinya berada di bawah bendera PT Global Digital Lestari, divisi marketplace MMA.
Situs ini sebagai jembatan industri manufaktur dengan UMKM di sektor sejenis. Jadi, pengguna bisa mendapat produk dengan harga kompetitif, terjamin, dan bisa nego harga dengan mitra,” kata William, CEO PT Global Digital Lestari.
Menurut dia, perbedaan tokowahab.com dengan e-commerce sejenis lainnya terletak pada fitur “Quotes to Sale”, yang membuat para pebisnis F&B dapat menawar harga lebih rendah daripada yang tertera di website untuk pembelian secara grosir. “(Jadi) Harga yang ditawarkan sangat kompetitif dibandingkan kompetitor. Kami hanya fokus di UMKM yang memiliki cabang di bawah tiga (kantor), dan penjualannya di bawah Rp 4 miliar,” katanya.
Mengapa UMKM? Pertama, kalangan ini sulit mendapatkan harga kompetitif. Biasanya, mereka membelinya di pasar yang sudah pada posisi mata rantai kesekian. Kedua, mereka tidak tahu bahan yang digunakan halal atau tidak. Di tokowahab.com, bahan yang dijual harus ada BPOM-nya dan tersertifikasi halal. Ketiga, efisiensi. Banyak toko sejenis yang online tetapi tidak memiliki toko fisik, dan sebaliknya. “Saya berpikir, ini harus efisien, mau beli langsung silakan, beli online bisa. Kalau di atas Rp 10 juta, kami berikan free ongkir, bisa pickup memakai ojek online. Jadi, kami mengefisiensikan mereka,” William menjelaskan.
Bukan tanpa rintangan pria 27 tahun itu mengembangkan e-commerce ini, terutama dari aspek manajemen SDM dan sistem internal. Dia mengenang ketika baru memulai, perusahaan masih mengunakan sistem DOS dan Excel manual, sehingga memengaruhi arus pembelian dan pengeluaran.
Kemudian, dia juga membutuhkan SDM yang mengerti teknologi. “Saya merekrut anak-anak muda, sekitar lima orang. Bisnis ini diawali cuma dari saya (sebagai CEO), customer support, dan engineer,” ungkapnya. Seiring dengan perkembangannya, kini tokowahab.com sudah memiliki divisi pemasaran digital yang terdiri dari tim SEO, media sosial, serta penjualan. Total saat ini ada 20 karyawannya.
Proses tidak mengkhianati hasil. Tahun pertama berjalan (2017), perusahaan tumbuh signifikan (lebih dari 300%). Tahun kedua, pertumbuhan di atas 100%. Jumlah UMKM terdaftar sebanyak 2.000, dan 500 di antaranya membeli secara kontinyu setiap bulan. Tokowahab.com sudah bermitra dengan lebih dari 20 merek. Sebagian besar merek impor lantaran produk bakery memang sebagian besar masih dari mancanegara. Adapun rentang harga produk Rp 150 ribu-3 juta.
Modal pembangunan tidak lebih dari Rp 2 miliar. Setelah tahun pertama ke tahun kedua, kami sudah BEP. Memang secara timing kami tepat, luck-nya itu adalah timingopportunity, dan preparation kami tepat,” kata William.
Tidak berhenti hanya di e-commerce, dia juga mengembangkan bisnis tokowahab dengan menjual layanan membantu promosi yang masih terkait jalur digital. Mereka menjembatani kalangan manufaktur ke UMKM. “Kami ada tim digital marketing untuk membantu mereka (melakukan) integrated marketing, seperti membuat video resep. Dari sana kami bisa mendapatkan revenue juga,” ungkapnya.
William adalah anak bungsu. Kakak pertama bertindak sebagai deputi direktur di grup, kakak kedua sebagai chef yang mengembangkan menu baru dan resep-resep, serta melakukan komunikasi dengan chef lain. Mereka telah sepakat bahwa yang menentukan arah perusahaan adalah William, yang lain tugasnya mengefisiensikan dan memastikan goal si bungsu bisa tercapai.
Sebagai CEO, William mengungkapkan, ada sedikit perbedaan gayanya memimpin dengan generasi pendahulunya. Dia selalu menetapkan parameter dan people development. Zaman dahulu, tidak melihat data; sekarang, berbasis data. Lalu, setiap minggu minimal dua hari ada kelas untuk karyawan, misalnya kelas entrepreneurshipstrategic management, atau digital marketing.
Dilihat dari perkembangan bisnis, sebagai generasi ketiga, William berhasil melakukan transformasi. Namun, dia belum merasa puas. Ke depan, dia ingin menaikkan brand awareness bisnisnya.
Terkait keinginan tersebut, sejumlah langkah mulai dilakukan, seperti membentuk komunitas di baking center dan membuat video berisi resep-resep yang diunggah setiap minggu. “Targetnya, di akhir tahun ini UMKM yang terdaftar meningkat menjadi 4.000. Moto kami adalah ‘Menginspirasi bisnis kuliner’,” kata William. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

OPINI Cristeddy Asa Bakti: Menentukan Posisi di Era Digitalisasi

REVOLUSI  industri memegang peranan penting dalam  kehidupan manusia. Dimulai dari revolusi industri 1.0 pada abad ke-18 di mana tenaga manusia mulai digantikan dengan mesin bertenaga uap dampaknya pekerjaan yang sebelumnya di kerjakan manusia terdisrupsi oleh mesin uap. Pada era tersebut muncul pekerjaan baru yaitu sebagai operator mesin uap dan juga manusia yang sebelumnya hanya berfokuskan menggunakan tenaga mulai meningkatkan kompetensi supaya bisa mengoperasikan mesin tersebut. Revolusi industri 2.0 yang terjadi di awal abad ke-20 ditandai dengan kemunculan tenaga listrik. Perubahan dari mesin uap ke mesin bertenaga listrik dikarenakan energi listrik mudah diubah menjadi energi yang lain.  Pada era ini pun juga terjadi disrupsi dan perubahan yaitu mulai bermunculannya pabrik-pabrik untuk pembuatan produk massal dikarenakan mulai diperkenalkan dengan kehadiran “ban berjalan” (konveyor) misalnya: mobil, motor. Dampaknya manusia yang sebelumnya bermata...

Stafsus Presiden Andi Taufan Apresiasi Pengembangan UMKM di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) –  Staf Khusus Presiden Indonesia, Andi Taufan Garuda Putra bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Andi Taufan berdialog langsung dengan para pelaku usaha untuk menyerap langsung berbagai usulan dan permasalahan yang dialami. “Saya berdiskusi dengan pak presiden setiap dua minggu atau sebulan sekali  tentang bagaimana UMKM bisa naik kelas. Apa yang saya dapat dari dialog ini, menjadi bahan kami untuk menyampaikan gagasan-gagasan inovatif pengembangan UMKM,” ungkap Andi, Kamis (30/1/2020). Dari hasil dialog tersebut, lanjut Andi, tantangan UMKM berkisar pada tiga hal. “Secara holistik untuk meningkatkan UMKM itu, yang pertama masalah produk, bagaimana menambah value dengan desain kemasan dan lain sebagainya. Selanjutnya adalah kompetensi. Terutama dalam kompetensi dalam menajemen keuangan. Dan yang terakhir, adalah akses pasar,” jelasnya. Dari tiga hal tersebut, Andi menilai Banyuwangi jauh le...