Langsung ke konten utama

Rutan Banjarsari Cerme Gresik, Berlakukan Digitalisasi



Gresik (beritajatim.com) – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB, Banjarsari Cerme, Gresik, memberlakukan digitalisasi guna mewujudkan program resolusi pemasyarakatan tahun 2020.
Tujuan pemberlakuan digitalisasi ini untuk meningkatkan integritas pelayanan lembaga. Sedangkan bagi pengunjung sebagai bentuk keamanan penghuni lapas.
Kasie Pelayanan Tahanan Rutan Banjarsari Kelas IIB Cerme Anis Handoyo mengatakan, contohnya dari program digitalisasi adalah menerapkan ‘finger print’ bagi pengunjung.
“Pemberlakuan ‘finger print’ selain menjamin keamanan, program itu tentunya lebih terstruktur dan efisien,” katanya, Kamis (27/02/2020).
Ia menambahkan, saat ini rata-rata setiap harinya pengunjung lapas bisa mencapai 80 hingga 100 orang. Terkadang, pada hari Sabtu bisa lebih dari 100 bahkan 200 pengunjung. Sehingga, adanya digitalisasi tersebut, Rutan Banjarsari Kelas IIB Cerme diharapkan terbantu dalam melakukan pelayanan kunjungan bagi keluarga warga binaan.Sementara itu, Kepala pengamanan rutan (KPR) Rutan Banjarsari Zulfikar menuturkan, adanya finger print nanti sangat bagus jika dilihat dari segi pengamanan. Tentu, dipastikan penghuni lapas (tahanan) tidak bisa kabur karena sudah terdeteksi melalui finger print.
“Prosedurnya nanti setelah pengunjung melakukan pendaftaran dan melakukan finger print, pengunjung dipersilakan masuk. Setelah selesai membesuk penghuni lapas, pengunjung tetap finger print lagi. Sehingga identifikasi pengunjung dan penghuni lapas terdeteksi melalui finger print,” ungkapnya.
Hingga per 27 Februari 2020, penghuni Rutan Banjarsari Kelas IIB Cerme, Gresik  mencapai 855 orang. Padahal,  rutan tersebut hanya mampu menampung 200 orang. (dny/ted)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...