Langsung ke konten utama

Sinar Mas dan Microsoft Berkomitmen untuk Berinovasi Bersama untuk Digital Indonesia melalui Artificial Intelligence, Cy

Sinar Mas dan Microsoft Berkomitmen untuk Berinovasi Bersama untuk Digital Indonesia melalui Artificial Intelligence, Cy



Jakarta, 18 Maret 2020 – Sinar Mas dan Microsoft telah berkomitmen untuk mengubah lanskap industri di negara ini dengan menggunakan teknologi sebagai platform digitalisasi. Chief Strategy & Transformation Officer, Sinar Mas, Bill Choong dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee menandatangani Nota Kesepahaman (MoU), disaksikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella di acara Microsoft bertajuk //Dev Con/ Digital Economy Summit pada 27 Februari 2020.
“Saat ini, teknologi dan digital telah menjadi bagian dari DNA Sinar Mas. Teknologi yang relevan dan tepat dapat mendorong peluang bisnis baru. Ini memungkinkan terciptanya insight yang lebih baik, analitik yang canggih, peningkatan dalam pengambilan keputusan secara real-time, informasi yang konsisten dan andal, kolaborasi yang lebih erat, tata kelola data dari platform yang kuat serta tampilan antarmuka dan pengalaman pelanggan yang lebih baik,” kata Bill Choong, Chief Strategy & Transformation Officer, Sinar Mas.
Kolaborasi antara Sinar Mas dan Microsoft akan mendorong transformasi digital perusahaan, dengan memelopori inisiatif teknologi di setiap unit bisnis. Mulai dari pulp, pangan agrikultur, pengembangan ndepend, layanan keuangan hingga telekomunikasi, energi, usaha digital, kesehatan dan ndependen, Sinar Mas bertujuan untuk meningkatkan dan menciptakan efisiensi lebih lanjut melalui artificial intelligence, machine learning, dan cybersecurity. Selain itu, Sinar Mas akan memperbarui solusi yang didukung cloud Microsoft untuk Modern Workplace, termasuk adopsi M365 dan penggunaan Microsoft Azure sebagai salah satu Sistem Aplikasi Inti.
“Kami mendapatkan manfaat dari inovasi dan kemajuan teknologi. Dengan platform mobilitas dan konektivitas ini, grup teknologi Sinar Mas, bundling teknologi dan solusi digital ini menciptakan sinergi guna memenuhi kesenjangan jangkauan dan merealisasikan potensi penuh konektivitas yang menguntungkan Sinar Mas. Kami berharap dapat membuka kesempatan untuk berinovasi bersama Microsoft guna menyediakan solusi terintegrasi yang penting bagi rencana transformasi Sinar Mas serta berkontribusi pada peta jalan digital Indonesia,” lanjut Bill Choong.
Menurut studi IDC yang dilakukan oleh Microsoft untuk Indonesia, sekitar 40% dari PDB Indonesia akan berasal dari produk atau layanan digital pada tahun 2021 dengan transformasi digital diperkirakan akan memberi kontribusi US$ 22 Miliar ke PDB Indonesia pada periode yang sama. Studi ini menunjukkan para pemimpin melihat dua kali lipat manfaat dari menjalankan transformasi digital, dengan peningkatan produktivitas, pengurangan biaya, dan advokasi pelanggan.
“Pada saat digitalisasi mentransformasikan cara kami berkolaborasi, berkomunikasi dan berkreasi bersama, dan Bank Dunia mencantumkan Indonesia sebagai ekonomi terbesar ke-10 di dunia dalam hal paritas daya beli, dengan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan, kami tahu keberhasilan bisnis di Indonesia akan tergantung pada organisasi yang memiliki strategi dan kemampuan digital. Kami siap untuk memperluas kolaborasi kami dengan Sinar Mas, karena kami membantu memberdayakan mereka melalui teknologi untuk mentransformasikan kelompok bisnis Sinar Mas,” kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee.
Pada September 2019, Microsoft Indonesia telah bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk merealisasikan ndepende smart city di area perumahan ndependent terbesar milik perusahaan, Bumi Serpong Damai (BSD) City. Sebagai kelanjutan kerja sama, penandatanganan MoU ini juga akan memungkinkan inisiatif digital baru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital karyawan melalui pendirian Digital Factory di BSD.
Rencana ini sejalan dengan Indonesia yang sedang memasuki era baru Industri 4.0, ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi, dan sumber daya lainnya berkat kemajuan teknologi digital dan komunikasi. Implementasi Industri 4.0 akan menjadi akselerator untuk mencapai visi Indonesia untuk masuk dalam 10 besar ekonomi dunia pada tahun 2030.
Microsoft baru saja merayakan 25 tahun kehadirannya di Indonesia dengan menggelar //Dev Con/ Microsoft Indonesia Digital Economy Summit – konferensi developer terbesar di Asia Pasifik, dalam kemitraan dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) pada Kamis, 27 Februari 2020. Lebih dari 4.500 peserta terdaftar, lebih dari 700 perusahaan rintisan dan lebih dari satu juta penonton telah belajar mengenai investasi Microsoft dalam mengembangkan dan memajukan Indonesia serta peran penting developer karena komputasi mentransformasi setiap bagian dari kehidupan kita.
Tentang Microsoft
Microsoft (Nasdaq "MSFT" @microsoft) memungkinkan transformasi digital untuk era cloud cerdas dan intelligent edge. Misinya adalah untuk memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini untuk mencapai lebih banyak. Informasi terbaru mengenai Microsoft bisa didapatkan di: Microsoft Indonesia News Center https://news.microsoft.com/id-id/
Tentang Sinar Mas
Berawal ketika Eka Tjipta Widjaja pada usia 15 tahun memilih kewirausahaan sebagai jalan hidupnya di Makassar, Sulawesi Selatan, persisnya 3 Oktober 1938 silam, kini Sinar Mas berkembang menjadi sebuah brand yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri. Melalui pilar usaha yang bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan teknologi serta energi dan infrastruktur, kesehatan, Sinar Mas adalah industri multi-nasional yang melibatkan sekitar 380.000 orang karyawan langsung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...