Langsung ke konten utama

Tingkatkan Keunggulan dan Daya Saing Disbudpar Latih Pelaku Ekonomi Kreatif Selama 4 Hari Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Tingkatkan Keunggulan dan Daya Saing Disbudpar Latih Pelaku Ekonomi Kreatif Selama 4 Hari, https://jabar.tribunnews.com/2020/01/20/tingkatkan-keunggulan-dan-daya-saing-disbudpar-latih-pelaku-ekonomi-kreatif-selama-4-hari. Penulis: Tiah SM Editor: Dedy Herdiana

Tingkatkan Keunggulan dan Daya Saing Disbudpar Latih Pelaku Ekonomi Kreatif Selama 4 Hari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung melatih para pelaku ekonomi kreatif, organisasi kepemudaan, pengusaha startup, komunitas dan mahasiswa di Bandung Creative Hub (BCH) selama empat hari Senin -Kamis (20-23/01/2020) .
Sekretaris Disbudpar Tantan Surya Santana mengatakan, Program Public Private Partnership by Youth untuk meningkatkan kemampuan dalam mendesain bisnis dan produk, membangun jaringan dan relasi secara global dan mendapat peluang mengikuti program inkubasi bisnis dari Future City Summit (FCS).

"Agar para pengusaha muda berkembang dan mendunia terkenal ke mancanegara menghadirkan nara sumber dan fasilitator yang kompeten dari Belanda, Cina, Hongkong, Bangladesh, Philipina, Singapore dan Indonesia," ujar Tantan usai membuka acara, Senin (20/01/2020)

Tantan kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kualitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota BandungDisbudpar berkolaborasi dengan FCS dan HIPMI.
FCS organisasi pengembangan multilateral dengan stakeholderws yang berasal dari negara-negara di Asia, Afrika dan Eropa.
“Ini adalah komitmen kami untuk masyarakat Kota Bandung, khususnya para pelaku di industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa memiliki keunggulan dan daya saing secara global," ujar Tantan.
Sementara itu Nugraha sebagai city partner dari FCS mengatakan, pogram ini merupakan kolaborasi Internasional untuk membantu Pemerintah Kota Bandung melalui saran dan solusi strategis serta kerjasama teknis yang dapat memperkuat posisi Kota Bandung sebagai kota kreatif dan destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Program Public Private Partnership by Youth 2020 di Kota Bandung melibatkan para peserta untuk menemukan solusi, mendesain program smart tourism dan menyusun strategi dalam memanfaatkan peluang, mengembangkan bisnis dan memperkuat industri pariwisata melalui studi kasus dan proyek
kelompok.

Menurut Nugraha program ini juga untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait pariwisata berbasis cagar budaya (heritage tourism), ekonomi kreatif dan pengelolaan data smart city.
"Program ini merupakan program awal untuk meningkatkan kompetensi dan relasi bagi para peserta dan akan diseleksi untuk terlibat dalam program urban data lab dan inkubasi bisnis selama 2 tahun," ujar Nugraha.
Program pertama FCH menyusun desain dan strategi untuk menjadikan kawasan wisata cagar budaya Braga menjadi destinasi wisata unggulan berstandar Internasional.
Nugraha mengatakan, FCS lebih dari 20 negara berdiri tahun 2016 di Hongkong. "Di Indonesia baru di Bali, Yogyakarta dan Bandung, " ujarnya.

Di Bandung fokus ke pariwisata heritage yang memiliki 1.770 bangunan heritage yang berpotensi menjadi kunjungan internasional.
Kota Bandung banyak pengusaha kreatif dan straup yang butuh promosi tingkat internasional. (tiah sm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...