Langsung ke konten utama

Batik di Era Digitalisasi Tak Punah Dimakan Usia .

Batik di Era Digitalisasi Tak Punah Dimakan Usia
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Daerah Istimewa Yogyakarta telah ditasbihkan sebagai Kota Batik dunia oleh World Craft Council sejak 2014 silam.
Banyak cara yang bisa digunakan untuk terus melestarikan batik yang ada, salah satunya adalah melirik upaya digitalisasi.Hal tersebut diutarakan Tenaga Pengajar Luar Biasa Jurusan Batik dan Fashion ISI Yogyakarta, Bayu Arya.
Ia mengatakan, orang batik atau perajin batik, memang tidak akan berfikir untuk digitalisasi.
Namun yang menangkap peluang tersebut ialah orang di luar batik.
Misalkan tidak hanya kebutuhan konveksi masal, tapi lebih dari itu yakni digitalisasi batik bisa membuat motif batik tersimpan lama dalam kondisi aman serta tidak akan termakan usia."Kalau dulu orang batik manual disimpan di kertas, tapi lama-kelamaan kertas lapuk. Jadi tahapannya orang membuat desain manual, lalu digital, baru produksi. Itu lebih aman. Meskipun kita duplikat di kertas, kertasnya rusak, kita masih punya file aslinya," urainya, belum lama ini.
Selain itu. memasuki era digital, yang telah dilakukan adalah di sektor marketing.
Bayu menjelaskan bahwa 10 tahun yang lalu penjualan batik masih dilakukan secara tradisional yakni datang dari rumah ke rumah, namun saat ini dilakukan secara online.
"Saya dulu berpikir ada software batik. Kalau mau bikin Batik Solo, tinggal klik. Kalau pakai software saya yakni akan banyak UMKM yang berdiri. Tapi ini belum ada di Yogya," ucapnya.
Meski demikian, digitalisasi batik dikatakan Bayu tidak mendesak bahkan kehadirannya hanya untuk penyeimbang maupun untuk tujuan tertentu.
"Kalau ada warna sintetis, maka warna alam sebagai penyeimbang. Kalau ada teknik manual, maka teknologi penyeimbang atau untuk tujuan lain misal desain ini bisa diproduksi massal, maka bisa digital. Sementara ini seperti itu," urainya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Ini tren yang akan terjadi di pengembang aplikasi

JAKARTA (IndoTelko) – Outsystem penyedia platform Low Code mengumumkan 5 Tren yang diprediksi akan muncul pada kalangan Pengembang Aplikasi di Asia Pasifik. Sebuah infobrief dari IDC mengatakan pada tahun 2024, generasi baru dari para pengembang yang membuat aplikasi-aplikasi tanpa menulis kode/Low Code akan mencapai 20% dari semua pengembang di kawasan Asia-Pasifik. Para pengembang ini akan mengakselerasi transformasi digital di semua lini industri - dengan menyoroti disrupsi pasar dan inovasi tiada henti. “Low-code memberikan para pengembang ini potensi untuk menjembatani kubu-kubu, memangkas proses dan memungkinkan tim untuk bekerjasama dan fokus pada inti upaya transformasi serta meningkatkan pengalaman pengguna,” kata Vice President Outsystems Asia Pasifik Mark Weaser. Mark juga menambahkan, bahwa aplikasi-aplikasi kini menjadi sangat penting bagi para konsumen. Aplikasi telah secara fundamental merubah cara orang-orang mengorganisasi dan memaksimalkan kegiatan rutin seh...