Selular.ID – Telkomsel mencatat ada pertumbuhan trafik akses broadband pada saat liburan Natal dan Tahun Baru (Naru) 2023.
Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 11,6 persen daripada rerata hari biasa 2022.
Selain itu, angkanya juga melonjak hingga 13 persen daripada periode yang sama tahun sebelumnya
. Meski naik, Telkomsel memastikan kelancaran untuk memenuhi kebutuhan komunikasi maupun aktivitas digital pelanggan selama momen Naru.
Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital.
“Peningkatan layanan digital selama Naru berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6 persen dari rerata hari biasa,” ujarnya.
“Bahkan melonjak 13 persen daripada periode Naru tahun sebelumnya dengan total payload mencapai 49,8 petabyte,” sambungnya.
Saki menambahkan lonjakan layanan ini saat Naru karena ada berbagai faktor penyebabnya.
Misalnya saja akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekira 6,1 persen.
“Lalu mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen,” kata Saki.
“Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit.”
“Misalnya WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (11,3 persen), Instagram (24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen),” imbuhnya.
Sementara untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.
Wilayah yang Alami Pertumbuhan
Saki menjelaskan seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data di sejumlah wilayah.
Misalnya wilayah operasional Kabupaten Bogor (Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Sumatera Utara) tumbuh 41,7 persen.
Lalu Kabupaten Bandung (Jawa Barat) sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Sumatera Utara) naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen.
Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur, Telkomsel juga melihat pergerakan pelanggan yang cukup signifikan.
Pergerakan ini tentu dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & DI Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).
Telkomsel menegaskan komitmennya guna memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital.
Caranya dengan langkah antisipatif yang telah mereka lakukan, terutama di 493 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia.
POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan Covid-19, dan 2 tempat ibadah.
Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT).
Selain itu menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.
Komentar
Posting Komentar