Langsung ke konten utama

Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan untuk Sektor Parekraf



InDOnesia CARE: Protokol Kesehatan di Destinasi Pariwisata pada Era Normal Baru

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang memasuki fase transisi adaptasi kenormalan baru. Masa di mana beberapa kegiatan sudah mulai dapat dilaksanakan oleh masyarakat dengan protokol kesehatan khusus. Momen di mana perlahan-lahan ekonomi diharapkan ikut bergerak bersama dimulainya kegiatan di ruang publik. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempersembahkan InDOnesia CARE, sebuah simbol dukungan berupa panduan protokol kesehatan pariwisata yang mengedepankan usaha terbaik dalam mewujudkan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan bersama di destinasi pariwisata Indonesia. 

Tentang InDOnesia CARE

InDOnesia CARE adalah sebuah inisiatif dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang menjadikan kebersihan , kesehatan, dan keselamatan sebagai prioritas utama. InDOnesia CARE mewujudkan antusiasme kolektif masyarakat Indonesia berkomitmen untuk peduli terhadap kesejahteraan orang lain dengan sepenuh hati, serta menjalankan praktik tanpa kontak sentuh dalam kegiatan pelayanan dan fasilitas jasa dengan disiplin tinggi, demi keselamatan bersama melalui panduan protokol kesehatan pariwisata.

Filosofi Logo InDOnesia CARE

Simbol "InDOnesia CARE" yang juga diterjemahkan sebagai “Indonesia Peduli” menyoroti kalimat  "I DO CARE" sebagai penekanan bahwa Indonesia amat memerhatikan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan wisatawan.

InDOnesia CARE Peduli Kenyamanan Anda

Berbagai rangkaian panduan protokol InDOnesia CARE telah disiapkan agar dapat diterapkan dengan baik di segala elemen pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini merupakan upaya InDOnesia CARE untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan meskipun masih berada di tengah masa transisi adaptasi kenormalan baru. Kebersihan, keselamatan, dan kesehatan merupakan prioritas utama InDOnesia CARE, dan diharapkan dapat didukung dengan kerjasama seluruh rakyat Indonesia dengan ikut bijak berwisata sambil mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Informasi Terbaru InDOnesia CARE

Untuk mendapatkan informasi terkini dari InDOnesia CARE, tersedia  buklet, artikel dan video tutorial dari berbagai sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Segala informasi yang tersedia di laman InDOnesia CARE ini akan senantiasa diperbaharui secara berkala, agar dapat menjadi  panduan protokol kesehatan pariwisata  yang lebih aman dan nyaman bagi wisatawan dalam masa transisi adaptasi kenormalan baru di Indonesia.

Unduh Panduan Protokol “Kebersihan-Kesehatan-Keselamatan-Kelestarian Lingkungan” dalam Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

1 Hotel

2 Restaurant

3 Destinasi

4 Homestay

5 Penyelenggaraan Kegiatan (Event)

6 MICE

7 Industri Kreatif

8 Industri Wisata Selam

10 Verifikasi dan Sertifikasi CHSE

11 Indonesia Care Logo

 

Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/pustaka/Panduan-Pelaksanaan-Kebersihan%2C-Kesehatan%2C-Keselamatan%2C-dan-Kelestarian-Lingkungan-untuk-Sektor-Parekraf


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...