Langsung ke konten utama

Pandemi Corona Dinilai Percepat Transformasi Digital di Indonesia

 

Pandemi virus Corona (Covid-19) dinilai telah mempercepat transformasi digital di Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews

Pandemi virus Corona (Covid-19) dinilai telah mempercepat transformasi digital di Indonesia.Semua aspek kehidupan berjalan kian cepat. Transformasi digital yang semula diperkirakan perlu waktu satu dekade, ternyata hanya butuh waktu setahun saja.

Menurut Founder Institute of Social Economic Digital (ISED) Sri Adiningsih, digitalisasi telah menyelamatkan banyak bisnis terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). ”Jutaan UMKM terselamatkan dengan menggunakan sistem online sehingga pengusaha sekarang memiliki lebih banyak opsi dalam berbisnis, baik secara offline maupun online," tuturnya, Rabu (20/1/2021).

Begitu pula masyarakat yang bermigrasi dalam berbelanja, bekerja, belajar dan bersosialisasi menggunakan online. Sedikitnya sepertiga ada pendatang baru memanfaatkan online dalam berbelanja.

Menurut dia, kondisi ini akan terus bertahan bahkan meningkat karena masyarakat menikmati kenyamanan dengan menggunakan sistem belanja online. “Ekonomi digital akan berkembang pesat pada masa mendatang, akan lebih dalam, luas dan merata,” tandasnya.Baca juga: Digempur Bank Digital, DPR Ingatkan OJK Soal Keamanan Nasabah

Perkembangan ekonomi digital yang pesat di kota kecil, perdesaan dan luar Jawa, dapat menggerakkan ekonomi daerah, terutama UMKM. Otoritas ekonomi diharapkan bisa memanfaatkan transformasi digital untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan.

Mengacu data Google, Temasek dan Bain&Company, ekonomi digital Indonesia akan tumbuh 23% pada 2021, dengan pertumbuhan e-commerce 21%, transport & food 28%, online travel 36%, dan online media 18% pada periode yang sama.

Sri meyakini ekonomi digital akan terus berkembang, terutama membuka peluang UMKM dan lapangan kerja khususnya on demand services, menggerakkan ekonomi hingga seluruh Indonesia, selaras dengan semakin meratanya elektrifikasi dan akses internet.

”Ekonomi digital memegang peranan penting dalam proses pemulihan ekonomi Indonesia,” katanya. 

Sementara itu Direktur Eksekutif ISED Julie Trisnadewani mengatakan, percepatan transformasi digital membawa banyak harapan dan peluang baru. Perubahan perilaku dan gaya hidup dengan memaksimalkan media digital dalam menghadapi pandemi, menuntut inovasi dan kreativitas untuk bertahan dan maju.

”Selain memberikan ruang untuk bertemu, berinteraksi dan berkolaborasi, teknologi digital juga memberikan panggung untuk berekspresi dan berkreasi,” katanya.

Content creator di platform digital kini juga mulai dilirik sebagai salah satu profesi yang menjanjikan. Di masa harus menjaga jarak saat ini, tak hanya hanya artis, selebritas ataupun politisi yang beramai-ramai membuat channel ataupun podcast.

”Masyarakat umum dari berbagai latar belakang sosial pun dengan kreativitasnya mampu memaksimalkan potensi platform digital untuk meningkatkan penghasilan,” paparnya.

Namun, sambung dia, interaksi digital juga dapat mendisrupsi bagaimana informasi tersebar dan diserap cepat oleh publik. Tantangan baru akan muncul di tengah interaksi digital yang cepat ini.

Contohnya, lanjut dia, sulitnya membedakan antara informasi, disinformasi/misnformasi dan hoaks. ”Juga batasan-batasan dari kebebasan dalam berkreasi. Apabila tidak disertai dengan literasi yang memadai, media sosial seolah-olah memungkinkan siapa saja bebas tanpa batas berekspresi,” tuturnya.

Dengan berbondong-bondongnya migrasi ke platform digital, tutur Julie, banyak pula dinamika dan dampak yang muncul baik positif maupun negatif. Diperlukan literasi yang memadai mengenai bagaimana memanfaatkan platform digital dengan bijak dan tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan.

Menurut dia, aksesibilitas digital yang telah dibangun oleh pemerintah saat ini perlu juga disertai gerakan masif besar-besaran literasi digital di masyarakat, mengingat begitu luasnya wilayah dan begitu banyaknya penduduk dengan tingkat pendidikan yang belum semua memadai.

”Pembangunan digital society di Indonesia tak cukup hanya melibatkan kelas-kelas formal di sekolah, namun bisa juga dengan melibatkan anak-anak muda diterjunkan sebagai pendorong utama gerakan literasi digital di berbagai daerah di Indonesia,” tuturnya.


Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/307630/15/pandemi-corona-dinilai-percepat-transformasi-digital-di-indonesia-1611118895?showpage=all


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...