Langsung ke konten utama

Lindungi Market UMKM, Itu Cara Kita Maju


Melihat dinamika marketplace yang ada saat ini, dimana sekarang marketplace yang seharusnya membantu banyak UMKM kita maju malah menjadi tempat untuk menghancurkan harga dan menutup peluang UMKM kita. 

Mengapa demikian ?

Karena arus deras barang dari luar negeri (import) yang tidak terbendung. Meskipun mereka membayar PAJAK, tetap saja, tidak sebanding dengan kekuatan daya saing UMKM kita. 

Juga tidak bisa atas nama GLOBALISASI, karena tetap, globalisasi perlu lokalisasi, lokalisasi akan perlu globalisasi. Ada yang bisa kita terima secara global dan masuk ke negara kita, tapi juga ada yang secara lokal harus dijaga agar kita kuat. 

Bayangkan bila sebagian besar barang dan makanan kita berasal dari luar negeri, maka rontoklah UMKM kita. 

Maka melindung market UMKM adalah tugas PEMERINTAH yang harus sangat segera dilakukan. Tiap kementrian bisa mengambil peran. Gunakan kesempatan BANGGA BUATAN INDONESIA untuk membentengi UMKM kita dari serangan barang import. 

Apa saja yang harus dilindungi ? 

Pertama , industri MAKANAN - MINUMAN. Sekarang ini sangat penting menjaga dan memastikan semua barang ma-min yang masuk harus melalui prosedur yang ketat. Bila ini lolos, maka kepercayaan masyarakat atas makanan dan minuman lokal akan hancur bertahap. 

Jangan mengikuti industri lain yang notabene memang kita tidak punya kekuatan industri di dalam negeri. 

Kedua, industri PAKAIAN. Ini yang harus diproteksi juga, karena market kita yang sangat besar sudah mulai porak poranda oleh serbuan fashion murah dari luar negeri. 

Jadi bukan hanya dengan teriak slogan dan seremonial BANGGA BUATAN INDONESIA, tapi pemerintah juga harus melakukan proteksi untuk UMKM kita, agar kita tetap bisa maju. Tanpa proteksi dan kontrol ketat terutama terhadap marketplace, maka semua akan sia-sia.


Sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/60457ef2d541df2eaf7d2362/lindungi-market-umkm-itu-cara-kita-maju

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...