Langsung ke konten utama

Juan Rama Dorong IKM Kuasai Digital Marketing

Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, H. Juan Rama mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) menguasai pemasaran produk melalui jaringan internet. Istilahnya digital marketing.

Hal itu sesuai dengan identitas Semarang sebagai kota perdagangan dan jasa yang berbudaya menuju masyarakat yang sejahtera.

Disebutkan Rama, data Kemkominfo menunjukkan pertumbuhan e-commerce dan belanja online pada tahun 2020 meningkat sampai dengan 78%. Penyebabnya, peradaban digital sudah semakin nyata, dan adanya kebiasaan baru akibat wabah Covid- 19 membuat orang tidak belanja secara bertemu langsung.

“Industri kecil menengah harus menguasai digital marketing. Peluang semakin terbuka. Tren belanja online semakin meningkat,” tuturnya ketika menjadi narasumber dalam Pelatihan Pengolahan Olahan Minuman yang diadakan oleh Dinas Perindustrian Kota Semarang bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang di Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Senin, (15/2/2021).

Rama yang menjadi bendahara Fraksi PKB DPRD Kota Semarang ini menambahkan, setiap pelaku IKM harus terus meningkatkan kemampuan penguasaan internet. Karena itu harus rajin mengikuti pelatihan bertema digital marketing.

“Pelatihan produksi semacam ini sudah bagus dan harus terus dilakukan. Nantinya perlu ditingkatkan pelatihan digital marketing. Karena banyak IKM mampu memproduksi tetapi kurang berhasil menjual,” tegas wakil rakyat yang pengalaman jadi pengusaha ini.

Dalam pelatihan selama tiga hari, Senin-Rabu, (15-17/2/2021) ini, peserta dibimbing oleh pelatih profesional dari Dinas Perindustrian Kota Semarang dan BPOM Semarang. Meliputi pelatihan mengolah bahan baku, mengemas (packing), dan membuat variasi produk sesuai standar kesehatan.

Rama juga berpesan agar semua IKM memperhatikan soal perijinan. Agar produk semakin diterima masyarakat.

“Bapak-bapak dan ibu-ibu harus mengurus perijinan nggih. Ini penting. Agar produk semakin diterima masyarakat. Ini kunci sukses panjenengan,” pesan anggota dewan dari daerah pemilihan Ngaliyan, Tugu, dan Mijen, ini.

Tak lupa dia memberi saran kepada Dinas Perindustrian agar memperbanyak program pelatihan dan fasilitasi perijinan. Serta memberi hadiah untuk stimulus pengembangan IKM. Agar semakin semangat mengembangkan diri dan produksinya. (Mushonifin)


Sumber: https://sigijateng.id/2021/juan-rama-dorong-ikm-kuasai-digital-marketing/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...