Langsung ke konten utama

Dampak Covid-19, Content Creator Bantu UKM Promosi Gratis di Media Sosial

Dampak Covid-19, Content Creator Bantu UKM Promosi Gratis di Media Sosial

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah content creator mendonasikan tenaganya untuk para UKM yang terdampak physical distancing.
Content creator ini membuat banner promosi dagang sampai promosi gratis di sosial media.
Contohnya komunitas yang tergabung dalam DapurKreatif membantu lewat gerakan #Bantuonleninukm untuk membantu para UKM yang terdampak physical distancing.

Komunitas terdiri dari content creator, copywriter, graphic designer, video editor, campaign strategiest, dan social media expert terpanggil untuk #Bantuonleninukm.

“Saya bantu dengan cara apa yang saya punya. Saya cuma punya kreativitas, tenaga dan pikiran. Saya ingin sukarela mempromosikan lewat konten-konten di sosial media cuma-cuma,” ujar Yudo Widiyanto, yang berprofesi sebagai Content Strategist sebuah entitas social movement tingkat nasional, Rabu (1/4/2020).
Yudo mengungkapkan, bantuan berupa strategi pemasaran, tenaga pembuatan tulisan, banner promosi, dan promosi iklan barang atau jasa di sosial media.
Mereka adalah para penjual sayur, penjual nasi uduk, penjual jajanan pasar dan masih banyak UKM lainnya.
“Pandemi Corona sangat mendegradasi seluruh aspek kehidupan masyarakat, khususnya ekonomi kelas menengah ke bawah. Ada banyak cara membantu, ini salah satunya,” kata Diaz Aditya yang sehari hari sebagai Grafis Desainer independen.
Menurut Diaz, kriteria UKM yang mendapat bantuan pertama, pendapatannya harian dan labanya hanya cukup memenuhi kebutuhan primer.
Kedua, mengalami penurunan omzet hingga 100 persen. Ketiga, UKM berusia minimal 1 tahun, punya reputasi baik, atau direkomendasikan.
Keempat , UKM belum terdaftar di toko online tertentu atau aplikasi ojek online. Kelima dan paling penting adalah,UKM bukan usaha yang menjual barang-barang kebutuhan medis, seperti antiseptik, hand sanitizer, masker, ADP, obat-obatan, vitamin atau semua hal yang berhubungan dengan anti Covid-19.
“Ini adalah salah satu kesempatan untuk bisa berbagi dengan masyarakat. Membantu sesuai kemampuan dan kapasitas kami. Kami berharap dengan bantuan yang kami berikan bisa meringankan beban dampak dari pandemi Covid-19 kepada pengusaha UKM,” kata Poengky Yudhistira, yang berprofesi sebagai freelance writer.
Gerakan ini terbuka bagi siapapun khususnya content creator dan marketer online yang ingin menyumbangkan tenaganya menjadi relawan #Bantuonlineinukm. Poengky mempersilakan duplikasi gerakan ini, tanpa atau dengan komunitas ini.
Cara paling mudah, posting foto-foto barang dagangan UKM, nomor HP dan sebarkan.
“Siapapun Anda, seorang diri, atau bersama-sama. Bantu sebisa mungkin bantu UKM yang terdampak,” kata Poengky.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Ini tren yang akan terjadi di pengembang aplikasi

JAKARTA (IndoTelko) – Outsystem penyedia platform Low Code mengumumkan 5 Tren yang diprediksi akan muncul pada kalangan Pengembang Aplikasi di Asia Pasifik. Sebuah infobrief dari IDC mengatakan pada tahun 2024, generasi baru dari para pengembang yang membuat aplikasi-aplikasi tanpa menulis kode/Low Code akan mencapai 20% dari semua pengembang di kawasan Asia-Pasifik. Para pengembang ini akan mengakselerasi transformasi digital di semua lini industri - dengan menyoroti disrupsi pasar dan inovasi tiada henti. “Low-code memberikan para pengembang ini potensi untuk menjembatani kubu-kubu, memangkas proses dan memungkinkan tim untuk bekerjasama dan fokus pada inti upaya transformasi serta meningkatkan pengalaman pengguna,” kata Vice President Outsystems Asia Pasifik Mark Weaser. Mark juga menambahkan, bahwa aplikasi-aplikasi kini menjadi sangat penting bagi para konsumen. Aplikasi telah secara fundamental merubah cara orang-orang mengorganisasi dan memaksimalkan kegiatan rutin seh...