Langsung ke konten utama

Dampak Covid-19, Content Creator Bantu UKM Promosi Gratis di Media Sosial

Dampak Covid-19, Content Creator Bantu UKM Promosi Gratis di Media Sosial

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah content creator mendonasikan tenaganya untuk para UKM yang terdampak physical distancing.
Content creator ini membuat banner promosi dagang sampai promosi gratis di sosial media.
Contohnya komunitas yang tergabung dalam DapurKreatif membantu lewat gerakan #Bantuonleninukm untuk membantu para UKM yang terdampak physical distancing.

Komunitas terdiri dari content creator, copywriter, graphic designer, video editor, campaign strategiest, dan social media expert terpanggil untuk #Bantuonleninukm.

“Saya bantu dengan cara apa yang saya punya. Saya cuma punya kreativitas, tenaga dan pikiran. Saya ingin sukarela mempromosikan lewat konten-konten di sosial media cuma-cuma,” ujar Yudo Widiyanto, yang berprofesi sebagai Content Strategist sebuah entitas social movement tingkat nasional, Rabu (1/4/2020).
Yudo mengungkapkan, bantuan berupa strategi pemasaran, tenaga pembuatan tulisan, banner promosi, dan promosi iklan barang atau jasa di sosial media.
Mereka adalah para penjual sayur, penjual nasi uduk, penjual jajanan pasar dan masih banyak UKM lainnya.
“Pandemi Corona sangat mendegradasi seluruh aspek kehidupan masyarakat, khususnya ekonomi kelas menengah ke bawah. Ada banyak cara membantu, ini salah satunya,” kata Diaz Aditya yang sehari hari sebagai Grafis Desainer independen.
Menurut Diaz, kriteria UKM yang mendapat bantuan pertama, pendapatannya harian dan labanya hanya cukup memenuhi kebutuhan primer.
Kedua, mengalami penurunan omzet hingga 100 persen. Ketiga, UKM berusia minimal 1 tahun, punya reputasi baik, atau direkomendasikan.
Keempat , UKM belum terdaftar di toko online tertentu atau aplikasi ojek online. Kelima dan paling penting adalah,UKM bukan usaha yang menjual barang-barang kebutuhan medis, seperti antiseptik, hand sanitizer, masker, ADP, obat-obatan, vitamin atau semua hal yang berhubungan dengan anti Covid-19.
“Ini adalah salah satu kesempatan untuk bisa berbagi dengan masyarakat. Membantu sesuai kemampuan dan kapasitas kami. Kami berharap dengan bantuan yang kami berikan bisa meringankan beban dampak dari pandemi Covid-19 kepada pengusaha UKM,” kata Poengky Yudhistira, yang berprofesi sebagai freelance writer.
Gerakan ini terbuka bagi siapapun khususnya content creator dan marketer online yang ingin menyumbangkan tenaganya menjadi relawan #Bantuonlineinukm. Poengky mempersilakan duplikasi gerakan ini, tanpa atau dengan komunitas ini.
Cara paling mudah, posting foto-foto barang dagangan UKM, nomor HP dan sebarkan.
“Siapapun Anda, seorang diri, atau bersama-sama. Bantu sebisa mungkin bantu UKM yang terdampak,” kata Poengky.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...