Langsung ke konten utama

TIPS: Next Best Offer

Mengetahui Apa yang Konsumen Inginkan Sebelum Mereka Sadari
January 12 2012 | By Edwin Hardi
Banyak orang mengatakan bahwa saat ini eranya perkembangan teknologi informasi. Dimana arus informasi berputar sangat cepat. Hal ini membawa keuntungan dimana konsumen dimudahkan dalam mencari informasi mengenai suatu penawaran, namun di sisi lain seringkali dibombardir beragam informasi dan menyebabkan mereka menemui kesulitan dalam mencari produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Untuk itulah perusahaan perlu melakukan pendekatan pada konsumen pada waktu dan penawaran yang tepat (next best offer/NBO).
Penyusunan program NBO yang baik dapat menghasilkan potensi ROI yang baik dan juga meningkatkan daya saing produk dan perusahaan. NBO dapat digunakan untuk memancing kontak awal dengan konsumen, menjadi mengundang konsumen menggunakan produk perusahaan untuk pertama kalinya, menjadi awal hubungan antara perusahaan dan konsumen.
Terdapat empat aktivitas untuk membangun NBO secara efektif:
Mendefinisikan objektif
Perancangan NBO sebaiknya digunakan untuk mencapai tujuan spesifik apakah menarik konsumen baru atau meningkatkan penjualan, meningkatkan loyalitas konsumen, meningkatkan share of wallet. Penentuan tujuan yang hendak dicapai ini sangat penting, karena sebagian pebisnis seringkali tidak tahu apa yang diharapkan sehingga sering melakukan kesalahan dalam penawaran.
Mengumpulkan data
Mengumpulkan informasi seperti perilaku dan karakter konsumen, cara pembelian konsumen apakah secara offline atau online, karateristik dari produk yang ditawarkan, dan tujuan strategis organisasi. Dengan mengetahui apa yang akan dihadapi, perusahaan dapat memberikan penawaran yang efektif untuk memancing respon konsumen.
Menganalisa dan pelaksanaan
Menganalisa pola pembelian konsumen yang bersifat prediksi untuk menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana NBO tersebut disampaikan kepada konsumen? Apakah melalui media online atau toko? Apakah berupa potongan kupon atau melalui mekanisme lainnya.
Belajar dan berevolusi
Perusahaan secara berkelanjutan mempelajari respon yang konsumen berikan dan perubahan-perubahan perilaku konsumen dari waktu ke waktu. Perusahaan juga harus memperbaiki NBO nya dari waktu ke waktu. Bila NBO yang dilakukan perusahaan tersebut berhasil, hal ini akan memancing reaksi dari pesaing untuk melakukan sesuatu yang lebih sehingga perusahaan harus memikirkan NBO selanjutnya yang lebih baik lagi. Setelah langkah terakhir ini, perusahaan mengevaluasi apa yang telah dilakukan dan bagaimana hasilnya kemudian kembali lagi ke langkah awal untuk merancang NBO selanjutnya
Tulisan ini diadaptasi dari artikel Harvard Business Review Bulan Desember 2011 yang berjudul "Know What Your Customers Want Before They Do"
(hp) 62-8121057533
(tw) fankych

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...