Langsung ke konten utama

Masalah Utama UKM Indonesia? Ini Kata Ketua IMA

Fenomena banyaknya UKM di Indonesia memang membuat negara ini sedikit tersenyum. Namun, masih terdapat beberapa permasalahan utama yang menjadi kendala bagi perkembangan UKM tersebut. Untuk menjadi UKM yang mandiri dan maju, Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Muhammad Awaluddin mengungkapkan kunci permasalahan saat ini. Seperti apa?
“Menelisik permasalahan yang dialami oleh pelaku UKM Indonesia tergolong unik. Jika diajukan pertanyaan, permasalahan mendasar apa yang paling banyak dikeluhkan, pada umumnya mereka akan menjawab ‘permodalan’. Kesulitan akses mendapatkan permodalan atau keterbatasan jumlah modal, mendominasi jawaban dari sekian daftar persoalan,” kata Pria yang akan mengakhiri masa baktinya di IMA, Sabtu (01/08/2015).
Lantas apakah cukup solusi keuangan untuk mewujudkan misi di atas? Berbagai pengalaman pelaku UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya menyampaikan bahwa faktor pengetahuan (knowledge)sesungguhnya menjadi persoalan utama. Pengetahuan berbisnis dan marketing sangatlah penting bagi UKM. Banyak pelaku UKM dengan bermodalkan “ide” dan modal minim, namun dengan sentuhan pengetahuan, bisnisnya semakin berkembang.
Pemahaman akan pengetahuan bukan berarti lulus jenjang pendidikan formal. Pengetahuan dapat didapatkan dari saluran mana saja termasuk informal. “Kini dengan pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT), peluang mendapatkan pengetahuan semakin mudah dan terbuka lebar. Pelaku UKM juga dapat mendapatkan pengetahuan dari cerita  antar sesama UKM,” kata Awaluddin.
Sepakat dengan Awaluddin, Tim Kreatif Smesco Fina Silmi mengatakan pihaknya telah melakukan FGD bersama 250 pelaku UKM dan menemukan permasalahan para UKM tersebut. Selain masalah keuangan dan pengetahuan bisnis, Fina mengatakan permasalahan pertama para pelaku ini adalah kendala legalitas. Mereka kesulitan untuk mengurus legalitas usaha mereka. Pasalnya, untuk mematenkan merek saja prosesnya cukup lama dan tidak murah.
“Dengan berbicara dari hati ke hati dengan para UKM tersebut, kami menemukan berbagai persoalan yang mereka hadapi. Aksesibilitas ke pasar juga menjadi permasalahan mereka,” jelas Fina kepada Marketeers beberapa waktu lalu di Philip Kotler Class, Jakarta.
Menggarisbawahi peran ICT, Awaluddin menyebutkan bahwa dapat berjalan dengan kemampuan membaca dan membutuhi kebutuhan pasar berkat peran ICT dapat  lebih mudah masuk ke pasar tersebut. Selain itu, dengan ICT juga bisa mendukung pengelolaan proses produksi yang lebih efisien dan efektif.
Pengetahuan terhadap aspek legal akan menyelamatkan eksistensi bisnisnya. Begitupun penerapan pengetahuan lainnya juga akan membuat bisnis semakin mandiri dan maju. Di sini ICT dapat berperan banyak,” tutup Awaluddin.
sumber: http://marketeers.com/masalah-utama-ukm-indonesia-ini-kata-ketua-ima/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...