Waktu saya memulai bisnis, pertanyaan ini pernah hinggap di pikiran saya.
Mana duluan, brand atau customer? Dengan keterbatasan dana awal usaha, tentu tidak bisa promosi besar-besaran. Yang bisa dilakukan, hanya memastikan agar orang mengetahui usaha yang saya lakukan, apa yang kami jual, dan apa manfaatnya untuk customer.
Tapi itu 13 tahun yang lalu, dimana smartphone belum ada, hanya ada sms. Sekarang ini, hanya dengan jurus Facebook, Instagram dan WhatsApp , semua usaha promosi bisa dilakukan dengan mudah.
Cek saja, berapa banyak kawan anda yang punya ketiga platform tadi, dan semuanya adalah potensial market (baca: customer) dan juga sekaligus network anda.
Jadi sekarang ini, membangun brand dengan mempromosikannya sudah sangat mudah. Tinggal pastikan anda punya waktu untuk membuat blog, atau website serta sosial media yang sesuai dengan target anda.
Tapi tetap, pastikan anda berfokus kepada customer anda, berikan layanan terbaik, dan pastikan customer anda mempromosikan produk, layanan, jasa anda ke orang lain.
Jadi, tetap customer yang utama, barulah brand akan terpupuk dengan baik. Customer first, itu kata orang jaman now.
Startsmeup.id
Join telegram: t.me/startsmeup
Komentar
Posting Komentar