Langsung ke konten utama

Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM guna manfaatkan Fintech

Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM Guna Manfaatkan Fintech

CNN Indonesia
Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM Guna Manfaatkan FintechPelaku UMKM membuat kerajinan berbahan baku 'clay' tepung di sentra industri rumahan Keranji, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (19/1).(Antara Foto/Yahanam Sulam)
JakartaCNN Indonesia -- Badan Ekonomi Kreatif mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengikuti tren digital dengan turut mengadopsi teknologi yang berkembang. Dengan digitalisasi bisnis diharapkan UMKM akan lebih mudah mendapatkan pembiayaan menyusul maraknya jasa keuangan online (fintech).

"UKM harus bisa terlacak secara digital karena untuk membangun kredibilitas karakter. FinTech sendiri juga menganalisis lewat digital jadi UKM harus rajin update," ujar Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/4).

Perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) yang sudah beroperasi di Indonesai saat ini antara lain Modalku dan HelloPay.

Direktur Utama Modalku, Reynold Wijaya mengatakan dengan mengadopsi teknologi digital, bisnis UMKM akan mudah terlacak oleh aplikasi yang dikembangkan perusahaannya. Dengan begitu, data histori bisnis UMKM dengan mudah dapat diketahui cerita dan bisa menjadi tolok ukur kelayakan pemberian kredit.

Hal senada juga disampaikan oleh Mario Gaw, Direktur HelloPay Indonesia. Dia mengatakan, selain mengikuti tren digital, pelaku UMKM di Indonesia juga harus memperhatikan perilaku bisnisnya karena terkait dengan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipasarkannya.

"Mereka yang tadinya tidak menyentuh digital tinggal di desa, nantinya ketika sudah menyentuh digital harus tetap menjaga kepercayaan konsumen," kata Mario.


Menurut Mario, pelaku UKM harus punya tanggung jawab terhadap konsumen meski transaksi bisnisnya dilakukan secara online atau tanpa tatap muka.

Harus Seimbang

Terkait layanan finansial berbasis digital (fintech), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyosori akutabilitas dan sistem perlindungan konsumen dari bisnis ini. Untuk itu, OJK tengah menyusun regulasi khusus untuk mengatur bisnis fintech di Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad mengaku baru saja berkunjung ke Singapura untuk melihat bagaimana fintech dapat berjalan seimbang dengan sistem keuangan riil. Untuk itu, Muliaman mendorong perbankan dan lembaga keuangan di Indonesia untuk melakukan kajian mendalam mengenai potensi dan risiko bisnis layanan keuangan berbasis digital ini.

"Kita ingin fintech dapat berjalan baik dan seimbang di Indonesia," ujarnya.


Upaya OJK mengatur bisnis fintech mendapat dukungan dari bos Modalku, Reynold Wijaya. Ia menilai pengawasan dan pengaturan oleh OJK dibutuhkan guna menghindari tindak kriminal dalam layanan finansial digital. Dengan begitu akan terbangun pasar penyedia layanan finansial digital (marketplace) yang sehat.

"Jangan terlalu lama tidak ada regulasi. Jadi mendukung inovasi iya tapi juga seimbang dengan adanya regulasi." katanya.

Namun, Ketua Oliver Wyman Indonesia Jason Ekberg mengingatkan OJK agar tidak terlalu berlebihan dalam mengatur bisnis fintech. Pasalnya, jika aturan yang diberlakukan nantinya terlalu berat, maka akan menghambat bisnis layanan pembiayaan digital

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...