May 13, 2013 | By Darus Salam+

Sumber Ilustrasi: http://technorati.com/technology/article/social-annex-debuts-mobile-social-commerce/
Menggunakan jejaring sosial sebagai media berjualan bukan lagi hal yang aneh. Hari ini transaksi ekonomi tidak hanya terjadi di pasar tradisional, namun juga berlangsung dari satu smartphone ke smartphone yang lain. Saking beragamnya transaksi yang terjadi, orang mulai kesulitan untuk mengidentifikasi jenis dan pola yang ada. Berikut adalah 7 bentuk social commerce yang dirilis oleh Mashable untuk mempermudah:
1. Peer-to-peer sales platforms
Merupakan "tempat" dimana transaksi terjadi berdasarkan komunitas. Setiap orang melakukan komunikasi sekaligus menjual produk langsung kepada orang lain. Contohnya adalah eBay, Etsy, dan Amazon Marketplace.
2. Social network-driven sales
Penjualan dalam kategori ini terjadi berkat dorongan jejaring sosial yang sudah populer. Transaksi juga bisa terjadi dalam jejaring itu sendiri. Contoh dalam hal ini adalah Facebook, Pinterest, dan Twitter.
3. Group Buying
Dalam group buying, produk dapat dijual dengan tingkat harga yang lebih murah bila ada beberapa pembeli. Misalnya adalah Groupon dan LivingSocial.
4. Peer Recommendations
Adalah situs yang menunjukkan ulasan dari para pembeli sebelumnya untuk meningkatkan nilai tawar produk. Biasanya, imbalan akan diberikan pada orang-orang yang bersedia untuk menceritakan dan berbagi pengalaman berbelanjanya melalui media sosial kepada orang lain. Contohnya adalah Amazon, Yelp, dan JustBoughtIt.
5. User-curated shopping
Merupakan situs berbelanja yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat dan berbagi dengan orang lain mengenai daftar produk dan jasa yang bisa dibeli. Sebagai contoh adalah The Fancy, Lyst, serta Svpply.
6. Participatory Commerce
Adalah bentuk commerce dimana para konsumen terlibat langsung dalam proses produksi. Misalnya adalah crowd funding seperti Kickstarter, Threadless, dan CutOnYourBias.
7. Social Shopping
Commerce yang masuk dalam kategori ini adalah situs yang berusaha untuk menghubungkan konsumen yang berbelanja offline melalui forum chatting untuk berbagi opini dan saran.
build-access-manage at dayaciptamandiri.com
Komentar
Posting Komentar