Langkah Mudah Melakukan Cross Selling
Bagi sebuah perusahaan yang memiliki banyak produk atau jasa, penerapan cross selling kepada konsumen yang telah ada sangatlah penting. Biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumen baru akan jauh lebih mahal daripada memaksimalkan utilisasi konsumen yan telah ada. Selain efisiensi biaya, waktu dan tenaga juga dapat dihemat sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat.
Lalu bagaimana cara menjadikan perbincangan dengan klien dapat berujung pada terjadinya cross selling? Berikut adalah beberapa tips berguna seperti dilansir oleh Inc.
Pertama, saat bertemu dengan klien pastikan untuk bertanya tentang kabarnya hari itu dan bagaimana dengan bisnisnya. Dua pertanyaan simpel tersebut dapat menjadi pembukaan yang sangat penting untuk perbincangan yang akan berlanjut kemudian. Pertanyaan tersebut juga dapat menjadi pintu untuk mengetahui kebutuhan klien.
Kedua, setiap orang di dalam perusahaan, terutama tenaga penjualan, harus memiliki standar kemampuan bicara. Saat meeting, hal-hal yang harus dapat dikomunikasikan dengan baik kepada klien adalah perkenalan siapa diri kita (kredibilitas), apa yang dilakukan perusahaan (produk/ jasa layanan yang dimiliki), serta kapan kita dibutuhkan (keahlian dan diferensiasi). Ketiga hal ini harus disampaikan kepada klien tidak lebih dari tiga menit. Jika berlebihan, maka mereka akan mulai berpaling dan tidak lagi memberikan perhatian.
Ketiga, tanyakan kepada klien mengenai tujuannya dan tantangan apa saja yang dihadapi. Pertanyaan ini akan membantu perusahaan untuk mengetahui kebutuhan dan hal-hal yang dianggap penting oleh klien. Tujuan dari setiap pertemuan dengan klien adalah menemukan celah untuk mengadakan meeting kembali. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari dan mengenai klien sehingga tahu bagaimana produk atau jasa perusahaan kita dapat memenuhi kebutuhan mereka. Jangan terlalu banyak membahas diri sendiri kecuali untuk memperkenalkan diri, mengapa kita berbeda, dan bagaimana perusahaan kita mampu menjawab kebutuhan klien. Diskusi yang berlangsung dengan baik dapat merujung pada kesempatan untuk melakukan cross selling, meningkatkan profitabilitas, serta menjaga kepercayaan.
Komentar
Posting Komentar