Langsung ke konten utama

Langkah mudah lakukan Cross selling..




Langkah Mudah Melakukan Cross Selling

DECEMBER 17, 2012 | BY + 0 Comments
Spider Web Langkah Mudah Melakukan Cross Selling
http://permaculturenews.org/2012/05/23/getting-kids-into-gardening-part-iv-creativity-in-the-garden/
Bagi sebuah perusahaan yang memiliki banyak produk atau jasa, penerapan cross selling kepada konsumen yang telah ada sangatlah penting. Biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumen baru akan jauh lebih mahal daripada memaksimalkan utilisasi konsumen yan telah ada. Selain efisiensi biaya, waktu dan tenaga juga dapat dihemat sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat.
Lalu bagaimana cara menjadikan perbincangan dengan klien dapat berujung pada terjadinya cross selling? Berikut adalah beberapa tips berguna seperti dilansir oleh Inc.
Pertama, saat bertemu dengan klien pastikan untuk bertanya tentang kabarnya hari itu dan bagaimana dengan bisnisnya. Dua pertanyaan simpel tersebut dapat menjadi pembukaan yang sangat penting untuk perbincangan yang akan berlanjut kemudian. Pertanyaan tersebut juga dapat menjadi pintu untuk mengetahui kebutuhan klien.
Kedua, setiap orang di dalam perusahaan, terutama tenaga penjualan, harus memiliki standar kemampuan bicara. Saat meeting, hal-hal yang harus dapat dikomunikasikan dengan baik kepada klien adalah perkenalan siapa diri kita (kredibilitas), apa yang dilakukan perusahaan (produk/ jasa layanan yang dimiliki), serta kapan kita dibutuhkan (keahlian dan diferensiasi). Ketiga hal ini harus disampaikan kepada klien tidak lebih dari tiga menit. Jika berlebihan, maka mereka akan mulai berpaling dan tidak lagi memberikan perhatian.
Ketiga, tanyakan kepada klien mengenai tujuannya dan tantangan apa saja yang dihadapi. Pertanyaan ini akan membantu perusahaan untuk mengetahui kebutuhan dan hal-hal yang dianggap penting oleh klien. Tujuan dari setiap pertemuan dengan klien adalah menemukan celah untuk mengadakan meeting kembali. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari dan mengenai klien sehingga tahu bagaimana produk atau jasa perusahaan kita dapat memenuhi kebutuhan mereka. Jangan terlalu banyak membahas diri sendiri kecuali untuk memperkenalkan diri, mengapa kita berbeda, dan bagaimana perusahaan kita mampu menjawab kebutuhan klien. Diskusi yang berlangsung dengan baik dapat merujung pada kesempatan untuk melakukan cross selling, meningkatkan profitabilitas, serta menjaga kepercayaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...