Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Menetapkan Harga Jual?

Bagaimana Cara Menetapkan Harga Jual?

June 25 2013 | By Raben Penyami



Banyak pertimbangan disaat produk baru siap untuk di jual. Biasanya harga ditentukan setelah produk sudah ditentukan pasar mana yang dituju secara spesifik. Contohnya mengetahui demografis produk, geografis produk, maupun karakter produk, sampai perusahaan mengetahui siapa yang layak menjadi konsumen produk terbaru tersebut. Proses yang tidak kalah penting untuk ditentukana adalah, bagaimana menentukan harga. Berikut adalah acuan, bagaimana menentukan pricing/ harga yang tepat.

1. Menganalisa production cost dan mengetahui profit expectation. Biaya produksi menjadi hal dasar dalam menentukan harga. Pastikan harga yang ditentukan diatas harga produksi, dan mengetahui keuntungan yang bisa didapat.

2. Menyesuaikan dengan competitor. Setiap produk juga memiliki lawan tersendiri, baik dari industri yang sama maupun berbeda. Ketahaui terlebih dahulu siapa pesaing produk yang dinilai memiliki target market yang sejenis.

3. Price sensitivity. Lajunya ekonomi juga dapat mempengaruhi harga. Perkembangan ekonomi pada umumnya dapat mempengaruhi bahan-bahan dasar atau element-element tertentu dari sebuh produk. Begitu pula naik turunnya harga bahan pokok akan mempengaruhi volume produksi produk.

3. Willing to pay. Mengetahui berapa jumlah uang yang mau dibayar oleh konsumen. Hal ini ditentukan berdasarkan market yang sudah ditentukan untuk produk sejak awal.
build-access-manage at dayaciptamandiri.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bantu Mudahkan 'Jalan' UMKM, CEO Toko Online Ini Masuk Forbes 30 Under 30

Liputan6.com, Jakarta  Hidup itu adalah pilihan. Dalam pekerjaan atau menjalankan usaha misalnya. Anda bebas memilih, mau bekerja diposisi apa, berbisnis apa, dan bagimana cara menjalankan usaha tersebut. Hal itulah yang setidaknya dilakukan oleh pengusaha muda asal Jakarta, William Sunito. Dia adalah Founder & Chief Executive Officer (CEO) TokoWahab.com Di usia mudanya, bungsu dari tiga bersaudara ini memimpin sekaligus mengelola perusahaan keluarga yang berdiri pada 1957. "Pada akhir 2015 saya kembali dari Amerika ke Indonesia dan memutuskan untuk terjun langsung mengurus perusahaan keluarga saya. Ini memang kemauan saya (untuk mengelola perusahaan) karena saya melihat ada potensi yang besar," jelas William saat berbincang dengan  Tim Liputan6.com  di kantornya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Ya, berbekal passion dalam dunia bisnis ditambah pengetahuan yang didapat selama kuliah di University of Washington, Amerika Serikat, William mulai men...

Kendala – Kendala yang dihadapi UKM di Indonesia dari berbagai aspek

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tidak pernah lepas dari berbagai kendala,karena memang UKM dibentuk atas berbagai keterbatasan ,misalnya keterbatasan modal dan teknologi.Padahal kita tahu bahwa bagi Negara berkembang seperti Indonesia , yang sektor informalnya masih dominan ,maka keberadaan UKM  justru banyak dibutuhkan kontribusinya dalam pertumbuhan perekonomian secara agregat.Hal inilah yang menjadi tantangan bagi UKM untuk tetap mampu mempertahankan eksistensinya dan mampu berkembang,bahkan mampu menembus pasar internasional di tengah- tengah keterbatasan dan berbagai kendala yang ada.Berikut adalah beberapa kendala dan contoh dari masing-masing kendala yang dihadapi UKM tersebut dari berbagai aspek yaitu aspek teknologi,birokrasi,dan infrastruktur. 1.Teknologi Salah satu kendala utama yang dihadapi Usaha Kecil Menengah adalah kurangnya alih teknologi dan minimnya sumber daya manusia yang berkualitas.Memang tak dapat dipungkiri bahwa keterbelakangan teknologi pada U...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...