Langsung ke konten utama

Konsep Strategi Perusahaan

Model manajemen strategis menurut Stephanie K Marrus, mendefinisikan strategi sebagai proses penentuan rencana jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara bagaimana agar tujuan tersebut dicapai.

Hal-hal yang bersifat strategis hendaknya dikelola dengan apa yang disebut manajemen strategis.

Oleh karena itu, bis-mo-deng Anda pun harus dimulai dengan visi, misi dan falsafah. Visi adalah cita-cita masa depan yg ada di benak Anda sebagai pendiri.

Misi akan berisikan penjabaran secara tertulis mengenai visi tadu sehingga jelas dan mudah dimengerti.

Falsafah digunakan untuk menuntun semua anggota perusahaan untuk melaksanakan pekerjaan dalam mencari jalan keluar dari masalah-masalah yang timbul.

Kemudian tentukan Tujuan Organisasi, yg berisikan pernyataan luas mengenai apa yg akan dituju dan diwujudkan organisasi. Seperti menjadi perusahaan unggul, market leader, mengelola usaha secara efektif, memiliki teknologi unggul. Secara umum, tujuan adalah penjabaran misi organisasi Anda.

Strategi induk adalah rangkaian strategi perusahaan yang memperhatikan lingkungan atau kondisi external, internal, tantangan dan hambatan, melihat kelemahan dan kekuatan serta mengetahui ancaman-ancaman.

Sasaran Jangka Panjang adalah proses kesinambungan yang berisikan tahapan-tahapan, dengan mengacu pada Strategi Induk yang telah ditentukan.

Strategi dan Kebijakan Fungsional adah sasaran jangka pendek dalam berbagai fungsi operasional untuk melakukan berbagai aktifitas, umumnya akan dibagi terkait keuangan, sumber daya manusia, produksi, operasi dan pemasaran.

Strategi di atas kemudian dibagi menjadi detail Program dan Anggaran, berupa proyek-proyek.

Agar sasaran yang ingin diraih perlu pelaksanaan. Pelaksanaan perlu kontrol dan pengendalian.

Semua ini akan dievaluasi dalam periode tertentu, disebut dengan Kinerja.

Secara kontinyu Evaluasi dilakukan untuk memberikan umpan balik untuk formulasi atau implementasi strategi.

Selamat mencoba mendetailkannya.

build-access-manage at dayaciptamandiri.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah blog menjadi mesin uang

You probably know that while visits are nice, leads, well, are so much nicer. Simply put, blogging for the sake of driving more traffic to your website doesn’t cut it any more. You need to find a way to monetize your content. The real value lies in the ability to take this traffic and convert it into real leads, and eventually revenue, for your company. >  Learn how to monetize your content with Roojoom Back in 2014, HubSpot’s research found that marketers who prioritize blogging are  13 x more likely  to enjoy positive ROI. Not surprisingly, the same report found that marketers’ top two business concerns are increasing the number of leads generated, and turning those leads into customers. Once you’ve set your priorities straight, and start blogging at least once a week – if not twice or three times, it’s time to create a clear conversion path from your blog. This will help ensure that any top-of-the-funnel visitors can easily see what the next step is for th...

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM

MAKALAH PERMASALAHAN DAN UPAYA PENGEMBANGAN UMKM Tugas Mata Kuliah  Ekonomi Kerakyatan Pembina : Dr. Sukidjo, M.Pd.   Disusun Oleh    : Dewi Mawadati    (14811134022) Luna Octaviana (14811134029) ADMINISTRASI PERKANTORAN D3 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 BAB I     PENDAHULUAN A.      Latar Belakang UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis nmoneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia. UKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang.Sebagian besar masyarakat bera...

Tren Penggunaan AI di Indonesia

  Artificial Intelligence kini menjadi topik pembicaraan banyak orang berkat popularitas Generative AI (GAI) seperti   Midjourney   dan   ChatGPT . Namun, sebenarnya, AI sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Selain itu, AI juga digunakan di berbagai bidang, dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Di game, AI biasanya digunakan untuk menampilkan perilaku manusiawi dan responsif pada Non-Player Characters alias NPCs. Tak berhenti sampai di situ, AI kini juga bisa bermain game, layaknya manusia. Di 2017, AlphaGo buatan DeepMind berhasil mengalahkan pemain Go nomor satu di dunia,  Ke Jie . Sementara di 2019, OpenAI Five berhasil mengalahkan para pemain Dota 2 yang pernah menjadi juara dunia. Untuk mengetahui tren penggunaan AI di Indonesia, saya mengobrol dengan  Adhiguna Mahendra , Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux. Awal Penggunaan AI di Indonesia Sebenarnya, AI sudah mulai digunakan di Indonesia sejak era 1980-an, u...